2.634 Polisi-TNI Disiagakan Amankan Demo di KPU hingga Bawaslu

2.634 Polisi-TNI Disiagakan Amankan Demo di KPU hingga Bawaslu

Jakarta, LINews – Sejumlah elemen masyarakat akan menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPR/MPR RI, kantor KPU RI hingga Bawaslu RI hari ini. Sebanyak 2.364 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan jalannya demonstrasi.

“Dalam rangka pengamanan aksi hari ini di depan gedung DPR/MPR RI kami melibatkan personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, dan Instansi lainnya. Di DPR/MPR RI melibatkan 1.087 personel, di Bawaslu melibatkan 507 personel, dan KPU RI melibatkan 770 personel,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dihubungi, Senin (18/3/2024).

Susatyo mengatakan rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional bergantung pada kondisi di lapangan. Pengalihan arus lalu lintas akan diterapkan apabila diperlukan.

“Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan ada pengalihan arus lintas di DPR/MPR, Bawaslu, dan juga KPU RI,” ujarnya.

Lebih lanjut, Susatyo meminta personel yang bertugas mengedepankan tindakan persuasif selama bertugas. Dia juga meminta massa yang akan hadir untuk menyampaikan aksi unjuk rasa sesuai dengan aturan yang ada.

“Kami mengimbau kepada para korlap dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. Lakukan aksi unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas,” kata dia.

“Dengan persiapan dan kesiapan pengamanan yang sudah kami lakukan, kami mengimbau kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kegiatan aksi unjuk rasa nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib,” imbuhnya.

(Jhon)

Tinggalkan Balasan