22 Negara Hadiri KTT ke-43 ASEAN di Jakarta

22 Negara Hadiri KTT ke-43 ASEAN di Jakarta

Jakarta, LINews — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan 22 negara akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September ini.

“Jadi yang akan hadir [dalam KTT ke-43 ASEAN ada] 22 negara,” kata Retno di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat (1/9).

Retno membeberkan 22 negara itu terdiri dari 11 negara ASEAN, termasuk Timor Leste. Kemudian sembilan negara mitra wicara yakni Korea Selatan, Jepang, India, China, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, dan Amerika Serikat

Lalu dua negara undangan yaitu Bangladesh dan Kepulauan Cook.

“Dua negara yang merupakan undangan yaitu Bangladesh karena Bangladesh menjadi ketua IORA, kemudian yang satunya lagi Cook Islands karena Cook Islands menjadi ketua PIF, Pacific Islands Forum. Kenapa IORA dan PIF itu diundang? Karena salah satu prioritas kita kali ini adalah Indo-Pasifik damai, stabil, sejahtera, inklusif,” ucap Retno.

Retno juga mengatakan sembilan organisasi internasional bakal hadir dalam KTT yang berfokus pada isu ekonomi ini. Mereka di antaranya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum.

Kemudian ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO) dan Trilateral Cooperation Secretariat (TCS).

“Jadi totalnya ada 22 negara plus 9 organisasi internasional,” tutur Retno.

Dalam perhelatan ini, total ada 12 pertemuan dalam rentang tiga hari. Pada 5 September, akan ada dua pertemuan utama yakni 43rd ASEAN Summit (Plenary Session) dan 43rd ASEAN Summit (Retreat Session).

Dilanjutkan enam pertemuan pada 6 September, antara lain 26th ASEAN-China Summit, 24th ASEAN-Republic of Korea (ROK) Summit, 26th ASEAN-Japan Summit, 11th ASEAN-US Summit, ASEAN-Canada Summit, dan 26th ASEAN Plus Three (APT) Summit (ASEAN dengan Jepang-ROK-RRT).

Lalu empat pertemuan pada 7 September, yakni 20th ASEAN-India Summit, 3rd ASEAN-Australia Summit, 13th ASEAN-UN Summit, dan 18th East Asia Summit.

(Choky)

Tinggalkan Balasan