3 Pati Kandidat Berpeluang jadi KASAD

3 Pati Kandidat Berpeluang jadi KASAD

Jakarta, LINews — Sejumlah nama perwira tinggi dinilai berpeluang menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) untuk menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang diusulkan menjadi Panglima TNI.

Pengamat militer dan pertahanan Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi berpendapat bursa KSAD akan diisi nama-nama populer saat ini.

Ia mengatakan dari generasi Akmil 90-an, ada Sesmenko Polhukam Letjen Teguh Pudjo Rumekso, Koorsahli KSAD Letjen I Nyoman Cantiasa dan Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak.

Khusus Maruli, ia menyoroti soal masa aktif yang masih lama sehingga bisa mempengaruhi proses regenerasi.

“Untuk nama terakhir, meski banyak pihak mengakui bahwa peluangnya sangat besar, namun masa aktifnya yang masih sekitar lima tahun dianggap terlalu lama dan bisa mempengaruhi proses regenerasi jika menduduki posisi KSAD dalam waktu dekat,” kata Fahmi saat dihubungi, Selasa (31/10).

Dia juga menyinggung sejumlah nama lain dari generasi alumni Akmil 1989 yang menurutnya lebih senior dan layak.

Di antaranya Dankodiklat TNI Letjen Eko Margiyono, Komandan Pusterad Letjen Teguh Muji Angkasa, Kepala BAIS TNI Letjen Rudianto maupun Kepala BNPB Letjen Suharyanto.

“Soal Teguh Pudjo Rumekso, jangan lupa, dia ini rekan seangkatan Jenderal Agus dan peraih Adhi Makayasa Akmil 1991,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengusulkan nama KSAD Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. DPR telah menerima surat presiden (surpres) yang berisi nama Agus.

“Pada kesempatan ini saya akan mengumumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” kata Ketua DPR Puan Maharani, Selasa.

Agus belum lama menjabat sebagai KSAD. Ia baru dilantik oleh Presiden Jokowi pada pekan lalu menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang bakal pensiun.

(Andri)

Tinggalkan Balasan