RSUD Cilacap Luncurkan Layanan Baru untuk Masyarakat

RSUD Cilacap Luncurkan Layanan Baru untuk Masyarakat

Cilacap, LINews – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap meluncurkan sejumlah layanan baru untuk masyarakat, yakni Magnetic Resonance Imaging (MRI), Laboratorium Terpadu, Pelayanan Bedah Saraf, dan Pelayanan Bedah Onkologi. Layanan baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akses pelayanan kesehatan di Cilacap.

Peluncuran layanan baru ini dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Cilacap, Warsono, dalam rangkaian acara Forum Konsultasi Publik (FKP) RSUD Cilacap, Kamis (14/12/2023). Acara ini juga dihadiri oleh Direktur RSUD Cilacap, Mochammad Ikhlas Riyanto, pejabat RSUD Cilacap, kepala dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan undangan lain.

Warsono mengatakan, selama ini pihaknya masih harus merujuk pasien yang membutuhkan layanan MRI, Laboratorium Terpadu, Bedah Saraf, dan Bedah Onkologi ke rumah sakit lain karena belum tersedia di RSUD Cilacap. Dengan adanya layanan baru ini, Warsono berharap RSUD Cilacap dapat lebih mengoptimalkan pelayanan untuk masyarakat.

“Kami menyambut baik dan berharap semoga berbagai layanan yang dilaunching pada hari ini dapat semakin meningkatkan pelayanan yang diberikan oleh RSUD Cilacap kepada masyarakat,” ujar Warsono.

Warsono juga menyempatkan diri untuk meninjau sejumlah fasilitas pada layanan baru tersebut. Ia mengapresiasi kinerja RSUD Cilacap yang terus berbenah diri untuk mengembangkan kualitas manajemen dan pelayanan rumah sakit.
Terkait FKP, Warsono menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membahas rancangan, penerapan, dampak, dan evaluasi kebijakan serta permasalahan dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, FKP juga dimaksudkan untuk mendapatkan saran dan masukan dari masyarakat terkait pelayanan kesehatan, menyatukan pandangan dalam rangka menyelesaikan masalah yang sering dihadapi, dan menyelaraskan kemampuan penyelenggara layanan dengan harapan publik.

“Oleh karena itu, saya meminta seluruh stakeholder memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya untuk menghasilkan rencana pengembangan yang lebih baik,” tutur Warsono.

Direktur RSUD Cilacap, Mochammad Ikhlas Riyanto berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat. Layanan baru ini makin melengkapi layanan di RSUD Cilacap meliputi Pelayanan Rawat Jalan, Pelayanan Rawat Inap, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Persalinan, Pelayanan Bedah, Pelayanan Hemodialisa, dan Pelayanan Pemulasaran Jenazah.

Kemudian Pelayanan Mata, Pelayanan Anak, Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah, Pelayanan Paru TBC RO/MDR TBC, Pelayanan Kebidanan dan Kandungan, Pelayanan THT-KL, dan Pelayanan Gigi dan Mulut, Pelayanan Kulit dan Kelamin, dan Pelayanan Penyakit Dalam.

Selanjutnya Pelayanan Rehabilitasi Medik, Pelayanan Radiologi, Pelayanan Laboratorium, Pelayanan Farmasi, Pelayanan Gizi, Pelayanan Kesehatan Jiwa, Pelayanan Kesehatan Anak, Pelayanan Kesehatan Ibu, Pelayanan MRI, Pelayanan Laboratorium Terpadu, Pelayanan Bedah Saraf, dan Pelayanan Bedah Onkologi.

(Al S)

Tinggalkan Balasan