568 Petugas Pantarlih Pilkada Serentak 2024 Kota Banjar Dilantik

568 Petugas Pantarlih Pilkada Serentak 2024 Kota Banjar Dilantik

Banjar, LINews – KPU Kota Banjar menggelar Pelantikan dan Apel Siaga Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada Pilkada serentak tahun 2024 Kota Banjar di area Taman Kota lapang bakti. Senin, (24/06/2024).

Penugasan pantarlih tersebut diharapkan dapat membantu membantu KPU Kota Banjar melakukan pendaftaran serta pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada serentak 2024.

Pada hari ini 568 Pantarlih di lantik. Pelantikan pantarlih dilakukan Ketua KPU Kota Banjar M. Muklis. Petugas pantarlih yang dilantik sebelumnya telah melalui rangkaian seleksi.

“Saya mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada petugas pantarlih Kota Banjar yang sekarang mengikuti Pelantikan dan apel siaga pantarlih. Kegiatan ini sebagai salah satu tahapan penting menyangkut eksistensi penyelenggara dan penyelenggaraan pemilu serta representasi pendidikan politik bagi masyarakat,” ujar ketua KPU di awal sambutannya.

Ketua KPU Kota Banjar M. Muklis di sela- sela kegiatannya mengatakan, petugas pantarlih yang sudah dilantik akan disebar ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 4 Kecamatan dan 25 Desa kelurahan di daerah Kota Banjar yang selanjutnya akan melaksanakan bimtek di PPS masing – masing dan hari ini juga kita akan melaksanakan coklit serentak.

Petugas Pantarlih yang dilantik merupakan hasil seleksi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan/Desa. Setelah dinyatakan lolos, langsung ditetapkan dan dilantik KPU Kota Banjar.

“Petugas Pantarlih Pilkada serentak 2024 nantinya akan melakukan pengecekan daftar pemilih. Petugas datang ke rumah warga memeriksa apakah mereka sudah punya hak pilih atau belum,” ucapnya.

M.Muklis mengatakan, laporan dari petugas Pantarlih akan diolah menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). Setelah melewati proses tanggapan masyarakat, akan didapatkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada serentak 2024 mendatang.

(Ridwan)

Tinggalkan Balasan