Ruko Bengkel di Serpong Terbakar, Diduga karena Uap Panas Mesin Genset

Ruko Bengkel di Serpong Terbakar, Diduga karena Uap Panas Mesin Genset

Tangerang, LINews – Satu unit Ruko di Jalan Letnan Soetopo, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) dilalap si jago merah, Minggu (17/4/2022) malam.

Terdapat lebih dari delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Tangsel tiba di lokasi sekira pukul 20.32 WIB. Delapan unit mobil pemadam langsung difungsikan guna menjinakkan kobaran api.

Selain itu, bantuan mobil pemadam juga berdatangan dari Kabupaten Tangerang dan BSD. Amukan api berhasil dilokalisir hingga tak meluas ke bangunan lain. Sekira pukul 21.07 WIB, api berhasil dipadamkan.

“Dugaan sementara sumber api berasal dari hawa panas bekas genset, mungkin genset tadi siang nyala, hawanya panas, di sampingnya banyak barang-barang seperti kardus yang mudah terbakar. Karena toko udah tutup, sehingga uap panas memicu percikan api,” ujar Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel, Bani Chosyatullah di lokasi.

Bani menambahkan, ruko tersebut berisi material seperti ban dan alat-alat bengkel  lain. Kobaran api melahap habis isi bangunan di lantai 1. Sementara, bagian lantai 2 belum tersentuh api karena berhasil didinginkan lebih dulu.

“Kejadian di lantai 1 awalnya api, kemudian merambat ke lantai 2, lantai 2 hanya kena asapnya saja. Jadi hanya kena lantai 1 saja,” kata dia.

Tak ada korban dalam kejadian itu. Uap panas sempat membuat sejumlah petugas kewalahan saat memasuki bangunan di lantai 1. Adapun total kerugian diprediksi mencapai Rp100 juta.

“Alhamdulillah nggak ada korban, hanya kerugian materi, sementara perkiraan hanya Rp100 juta,” ucapnya. (JK)