Jalankan Pemilu dengan Ksatria, Nggak Perlu Gontok-gontokan

Jalankan Pemilu dengan Ksatria, Nggak Perlu Gontok-gontokan

Jakarta, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau partai politik (parpol) untuk saling melontarkan pujian. Gerindra sepakat dengan arahan Jokowi karena menjalankan Pemilu tak perlu gontok-gontokan.

“Sebaiknya ini kita meningkatkan imun dengan hal yang asik-asik saja. Kita anggap Pemilu ini kontestasi perlombaan, jalankan secara ksatria sehingga kita nggak perlu gontok-gontokan,” kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Selasa (8/11/2022).

Menurut Dasco, antar-partai suasananya harus sejuk. Kesejukan itu bisa tercipta dari saling memuji.

“Kami di Gerinda selama ini tidak pernah membuka front dengan partai lain,” terang Dasco.

Baca Juga: Sekjen Gerindra Minta Buzzer Jangan Adu Domba Antarumat

“Walaupun survei kami partainya ditaruh di nomor 2 setelah PDIP, kami akan selalu ngomong bahwa yang namanya survei itu fluktuatif, tergantung hasil kerja di bawah dalam beberapa periode, sehingga kita tetap perlu bekerja,” jelasnya.

Jokowi sebelumnya mengungkit masa sekarang yang sudah masuk ke tahun politik. Menurut Jokowi, sejumlah persiapan harus dilakukan, termasuk menjaga persaingan antarpartai agar rivalitas berjalan sehat.

“Jangan saling menjatuhkan. Kalau bisa itu antarpartai saling memuji, jadi dengerin juga enak, antar-politisi saling memuji, antarpartai saling muji yang dengar rakyat juga senang,” kata Jokowi saat HUT Perindo.

Baca Juga: Deklarasi Capres 2024 Koalisi Gerindra-PKB

Jokowi menyarankan para partai untuk saling memuji. Menurutnya, hal ini tentu akan menciptakan kerukunan di tengah masyarakat.

“Jangan saling menjatuhkan. Kalau bisa itu antarpartai saling memuji gitu, lo,” ujar Jokowi.

(Robi)