Cilacap Menuju Kabupaten Sehat

Cilacap Menuju Kabupaten Sehat

Cilacap, LINews – Kabupaten/Kota sehat adalah kondisi dimana Kabupaten/Kota bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni peduduk, yang dicapai melalui terselenggarakan penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yg terintegrasi yg disepakati masyarakat dan pemerinah daerah.

Berdasarkan Keputusan Bupati Cilacap Nomor 954/595/16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Kabupaten Sehat Kabupaten Cilacap Tahun 2022-2027, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) melaksanakan Desk Persiapan Penilaian Penyelenggaraan Kabupaten Sehat Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Selasa-Kamis (1-3/11/2022) di Ruang Rapat Lt.1 Stikes Graha Mandiri Cilacap yang dipimpin oleh Kepala BAPPEDA Cilacap Sujito.

BACA JUGA : Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Cilacap Kebut Penyelesaian Sengketa Tanah

Upaya mewujudkan Kabupaten Cilacap menjadi Kabupaten Sehat adalah agar tercapainya kondisi Kabupaten untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat.

BAPPEDA menyampaikan langkah-langkah yang akan dilakukan agar terwujud Kabupaten Cilacap menjadi Kabupaten Cilacap diantaranya penguatan komitmen Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Desa, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan berwawasan kesehatan, dan peningkatan jejaring dan kemitraan antara masyarakat, pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Selanjutnya adalah dengan peningkatan akses dan kesetaraan dalam pelayanan dasar, peningkatan kualitas lingkungan yang kondusif melalui upaya pencegahan dan pengendalian faktor risiko kesehatan, serta peningkatan pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan peningkatan penelitian, pendampingan, pengembangan, dan inovasi.

Dalam pertemuan ini telah tersusun Tim Kabupaten Sehat Kabupaten Cilacap Tahun 2022-2027, yang terdiri atas tim pengarah, tim Pembina, kelompok kerja dan sekretariat. Tim Kabupaten Sehat melibatkan banyak pihak seperti Forkopimda, Kepala OPD di Kabupaten Cilacap, staf OPD dan tenaga kesehatan, perguruan tinggi serta Lembaga Swadaya Masyarakat.

(Al S)