Persiapan KTT G20 di Bali, Luhut: TNI Polri Siap

Persiapan KTT G20 di Bali, Luhut: TNI Polri Siap

Denpasar, LINews – Persiapan KTT G20 di Bali telah 100 persen. TNI dan Polri juga telah siap mengamankan puncak pertemuan KTT G20 pada 15-16 November 2022.

“Saya kira sudah 100 persen. Kita sudah siap, tinggal tunggu saja. Pak (Kapolri) Jenderal Sigit dan (Panglima TNI) Jenderal Andika semuanya sudah siap,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan di Denpasar, Kamis (10/11/2022).

Luhut menyempatkan diri untuk meninjau Command Center di Polda Bali. Menurutnya kesiapan TNI-Polri sudah matang untuk mengamankan KTT G20. Pemanfaatan teknologi dengan fitur canggih mampu mendeteksi segala bentuk ancaman gangguan keamanan.

“Pengembangan profesionalisme di kepolisian yang mereka sudah berikan, atau menggunakan teknologi-teknologi baru, bisa link dengan yang dimiliki TNI,” katanya.

Luhut yakin dengan teknologi face recognition yang canggih dan big data yang dimiliki TNI-Polri, Indonesia layak diperhitungkan sebagai negara kuat dan modern dalam penyelenggaraan KTT G20.

“Kita ingin tunjukkan bangsa ini bangsa yang besar. Bangsa yang mampu mengatur dirinya bukan bangsa ecek-ecek,” ujarnya.

Sebelumnya Luhut juga memastikan ada 17 kepala negara yang akan hadir mengikuti KTT G20 di Bali. Di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

(Kade)