4 Rekomendasi Kebijakan ke B20 Summit

4 Rekomendasi Kebijakan ke B20 Summit

Nusa Dua, LINews – B20 adalah salah satu Kelompok Keterlibatan yang paling menonjol di G20, dan bertugas merumuskan rekomendasi kebijakan tentang isu-isu yang ditetapkan.

Chair dari B20 F&I TF dan CEO Indonesia Investment Authority (INA), Ridha Wirakusumah, mengungkapkan B20 F&I TF telah merumuskan empat rekomendasi kebijakan yang akan disampaikan pada B20 Summit.

Kebijakan tersebut yakni meningkatkan akses ke sumber pembiayaan yang terjangkau dan sesuai, mendorong kolaborasi antar negara untuk mempercepat transisi yang adil menuju dunia yang bersih, mempercepat pengembangan dan adopsi infrastruktur digital dan cerdas, serta memperbaiki regulasi jasa keuangan global untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik antara pertumbuhan ekonomi, produktivitas dan stabilitas.

Kebijakan ini kata Ridha, diharapkan menjadi dasar untuk memacu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi global. Hal ini dengan jelas dapat menunjukkan bagaimana sektor publik dan swasta, dan pemangku kepentingan lokal dan internasional, dapat bekerja sama menuju tujuan yang sama.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan saya kepada Ketua TF, para Anggota, dan PwC sebagai knowledge partner atas kerja samanya dalam mengembangkan rekomendasi kebijakan,”ujarnya, Minggu  (13/11/2022).

Sementara itu, Chair dari B20 Indonesia, Shinta Kamdani juga mengucapkan terima kasihnya kepada anggota Finance & Infrastructure (F&I) TF atas upaya yang tak kenal lelah selama beberapa bulan terakhir.

Sejak pertemuan awal, F&I TF telah bekerja untuk merumuskan rekomendasi kebijakan yang dapat ditindaklanjuti dan relevan bagi pemerintah G20 tentang bagaimana merencanakan, mengkalibrasi dan mengkomunikasikan kebijakan dengan benar untuk mendorong pemulihan ekonomi, mendorong investasi dan menjaga stabilitas.

(Red)