Berjejer Pesawat Tamu KTT G20 di Ngurah Rai

Berjejer Pesawat Tamu KTT G20 di Ngurah Rai

Badung, LINews – Tamu dan delegasi KTT G20 terus berdatangan ke Bali. Pesawat mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Sebagian parkir di Bali, sebagian di tempat lain.

Kesibukan begitu terasa di Bandara Ngurah Rai, Senin (14/11/2022). Saat pesawat tamu tiba, tim keamanan langsung sigap berjaga. Sejumlah mobil penjemput datang, lalu rombongan keluar bandara. Sementara pesawat dalam posisi ‘parkir’.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, mengungkapkan ada 13 pesawat besar dan 3 pesawat berukuran medium akan parkir di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai selama KTT G20 berlangsung. Pesawat negara mana saja?

“Kita atur untuk parkir. Dan informasi terbatas dan ini kan terkait keamanan jadi untuk negara mana saja mohon maaf kami tidak bisa menyebutkan negaranya,” kata Handy, Senin (14/11/2022).

Terkait pesawat Presiden AS Joe Biden, Handy juga enggan menjelaskan dengan alasan keamanan. “Bahasanya kita menyesuaikan dengan request permintaan Amerika, itu kami memenuhi dan mengakomodir. Terkait keamanan SOP yang mereka jalani, ya kami ikuti,” ungkap Handy.

Berdasarkan informaasi sebelumnya, pesawat Joe Biden diparkir di tempat terjauh. Biden sendiri tiba di Bali pada Minggu (13/11) malam.

Di KTT G20, pemerintah menyiapkan sejumlah bandara sebagai pendukung baik untuk parkir maupun pendaratan. Beberapa di antaranya adalah Lombok, Banyuwangi, Surabaya, Makassar, Banjarmasin hingga Yogyakarta.

(Wayan)