Bupati Garut Bahas Peran Perempuan di Post Summit W20

Bupati Garut Bahas Peran Perempuan di Post Summit W20

Nusa Dua, LINews – Bupati Garut Rudy Gunawan menjadi salah satu pembicara Post Summit Event Women (W) 20 Communique : Road to G20 Leaders Declaration. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara G20 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali Minggu (13/11).

Ia membahas sekilas tentang Garut dalam topik berjudul ‘Rural Women Economic Empowerment Through Creative Economy’. Dengan julukan kota Swiss van Java ini, Garut memiliki penduduk 2,7 jiwa dengan jumlah perempuan 1,4 juta jiwa di antaranya. Menurutnya, dengan jumlah tersebut perempuan memiliki kekuatan yang luar biasa.

“Tetapi bapak-ibu sekalian, kita ini merupakan daerah yang mata pencahariannya kebanyakan buruh tani, sehingga hampir 80% masyarakat kita itu adalah bagian dari kemiskinan,” ujar Rudy dalam keterangan tertulis, Senin (14/11/2022).

Meski begitu, lanjut Rudy, masyarakat Garut banyak terbantu dengan program-program pemerintah. Salah satunya melalui kredit Mekar yang banyak memberikan bantuan kepada perempuan-perempuan di Garut.

“Saya selaku bupati saat itu dan sekarang menjadi terbesar (dengan transaksi hingga) Rp 800 miliar (yang didominasi) perempuan mendapatkan akses kredit mekar dan terbesar di Indonesia, dan itu MPL nya hanya 0,7%, semuanya tidak ada yang macet,” lanjutnya.

(Kade)