Venue KTT G20 di Nusa Dua Bali

Venue KTT G20 di Nusa Dua Bali

Nusa Dua, LINews – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 digelar hari ini di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali. Penjagaan di venue utama pertemuan para pemimpin dunia itu sangat ketat.

detikcom bersama wartawan Istana Kepresidenan yang lain sempat berkunjung ke area The Apurva Kempinski pada Senin (14/11/2022) kemarin. Kedatangan para wartawan Istana untuk meliput rangkaian agenda pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sejumlah pemimpin G20.

Baca Juga: Jokowi Sambut Para Pemimpin Dunia di Venue KTT G20

Wartawan Istana mulanya bergerak dari Media Center KTT G20 menggunakan kendaraan listrik menuju The Apurva. Setelah sampai di lokasi, ada petugas yang melakukan pengecekan ID.

Saat masuk ke area depan, terlihat bendera para peserta G20 dipasang di sisi kiri dan sisi kanan. Anggota Paspampres berjaga di sejumlah titik untuk memastikan keamanan KTT G20.

Untuk masuk ke area dalam hotel, wartawan diharuskan menempelkan ID yang harus teregistrasi resmi. Selain itu, wartawan juga diwajibkan untuk melakukan tes PCR.

Tak hanya di bagian depan, anggota Paspampres juga berjaga di sejumlah titik di area dalam hotel. Termasuk di area pendopo depan yang menjadi lokasi Presiden Jokowi menyambut para pemimpin G20 dan melakukan foto bersama.

Pengecekan oleh anggota Paspampres juga dilakukan di bagian dalam The Apurva. Ada pemeriksaan ID dan body screening sebelum masuk ke area hotel.

Baca Juga: Jabar Kenalkan Inovasi Energi Terbarukan di G20 Bali

Saat meliput kegiatan pertemuan bilateral Jokowi, wartawan dibagi ke beberapa sesi. detikcom berkesempatan melihat momen pertemuan Jokowi dan Presiden Turki Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan.

Jokowi bertemu dengan Erdogan di sebuah ruangan di The Apurva. Sejumlah pejabat mendampingi kedua pemimpin negara tersebut. Perwakilan dari Indonesia yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menlu Retno LP Marsudi, Menhan Prabowo Subianto hingga Mendag Zulkifli Hasan.

Di The Apurva ini, para delegasi G20 bisa memandang langsung ke arah pantai. Pemandangan indah pantai di Bali pun terlihat jelas.

Untuk diketahui, pertemuan bilateral Jokowi di The Apurva dilakukan dengan sejumlah pemimpin G20. Mereka di antaranya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

Baca Juga: Jelang KTT G20, Jenderal Dudung Cek Kesiapan Personel

Akun Instagram G20 Indonesia juga mengunggah video yang memperlihatkan beberapa bagian venue KTT G20. Selain itu, ditampilkan pula momen saat Jokowi mengecek kesiapan fasilitas KTT G20. Saat itu Jokowi bersama para menteri melakukan simulasi dalam menyambut delegasi G20.

“KTT G20 ke-17 akan diselenggarakan di The Apurva Kempinski Bali. Berdiri di atas tebing Nusa Dua yang megah, The Apurva Kempinski Bali memiliki pemandangan Samudra Hindia dan taman tropis yang indah, dan merupakan perwujudan keanggunan Indonesia,” tulis akun IG G20 Indonesia.

(Wayan)