Erik Thohir Menyandang Bermarga Sidabutar

Erik Thohir Menyandang Bermarga Sidabutar

Samosir, LINews – Menteri BUMN, Erick Thohir menyandang marga Sidabutar dari Suku Batak, Sabtu (26/11/2022). Marga tersebut dari Generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu.

Pemberian marga ini pun di gelar dalam upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Erick pun mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Suku Batak.

“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” ucap Erick, Minggu (27/11/2022).

Rangkaian acara diawali dengan kebaktian. Lalu, Mangalahat Horbo dipadu iringan tari tor-tor. Prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Pemberikan marga ini berbarengan dengan acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Di akhir, Erick Thohir Sidabutar, mengatakan sebagai orang batak, dirinya akan membangun kampung halamannya Samosir.

“Nanti kita akan bangun Museum Batak di Samosir, guna kemajuan pariwisata yang ada di sini,” katanya.

Erick juga memberikan salam hormat kepada orang tua angkatnya, Hari Boss Sidabutar.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar ke 8,” ujar Harry.

Sementara itu, Ketua Umum Pospera, Mustang Bonaventura Manurung menuturkan jika kini, Erick harus memanggil dirinya tulang. Hal ini usai Menteri BUMN itu menyandang marga Sidabutar.

“Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya,” katanya.

Dalam ucapara juga dihadiri Bupati Samosir, Vandiko Gultom, Sekjen Pospera, Adian Napitupulu dan sejumlah staff BUMN.

Usai pemberian marga, dilakukan Mangalahat Horbo yakni ritual tertua suku batak toba. Ritual ini merupakan bentuk rasa sukur kepada leluhur.

(Samsir)