Dorong Golok Banten ke Unisco Jadi Warisan Dunia

Dorong Golok Banten ke Unisco Jadi Warisan Dunia

Serang, LINews – Menggelar pertemuan Golok Banten Sebagai Warisan Budaya Indonesia, Padepokan H. Salam, yang saat ini disebut dengan Rumah Al-Makhiyah telah menggelar diskusi dengan delegasi Seni Budaya Golok Banten, bertempat di kediaman salah satu tokoh penggiat seni budaya golok Banten Opik HS sekaligus merupakan pengurus dari Padepokan Haji Salam atau yang kini disebut Rumah Al-Makhiyah, pada Rabu 30 November 2022 sekitar pukul 10.00 WIB.

Juga dalam acara diskusi tersebut telah mendapat kunjungan langsung Prof. DR, Ignasius Dwi Atmana Sutapa, M, SC,. Selaku Eksecutive Direktor Of Aple Unesco 2C, serta telah didampingi oleh AKBP. DR. H. Agus Rasyid,. SH, MH,. Selaku Ketua Team Golok Banten, serta Ki Kumbang, sebagai Team Ahli Golok Pusaka Indonesia.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut salah satu tokoh yang juga sekaligus sebagai Ketua Padepokan Opik HS mengatakan bahwa kegiatan diskusi tersebut telah dihadiri langsung oleh Executive Director of APCE-UNESCO C2C Ignasius Dwi Atmana Sutapa.

“Alhamdulillah, pada kegiatan diskusi ini kami telah mendapat kunjungan langsung Prof. DR, Ignasius Dwi Atmana Sutapa, M, SC,. Eksecutive Direktor Of Aple Unesco 2C, AKBP. DR. H. Agus Rasyid,. SH, MH,. Selaku Ketua Team Golok Banten, juga Guru Besar Seni Golok Indonesia Ki Kumbang,” ungkap nya dalam sebuah penyampaian.

Dijelaskan bahwa diskusi tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti perkembangan hasil seminar internasional Golok Banten yang telah berlangsung Sabtu (12/11) lalu.

“Diskusi ini dilakukan dalam rangka menindak lanjuti perkembangan hasil seminar internasional Golok Banten agar dapat diakui di organisasi UNESCO,” imbuhnya selaku Ketua Padepokan H. Salam atau Rumah Al-Makhiyah Kota Serang Banten.

Selain itu dirinya kembali menyampaikan, dari hasil diskusi ini bertujuan untuk mendapatkan pengakuan dari UNESCO terkait kebudayaan golok Banten di mata dunia.

“Terlebih kami sampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kami selaku yang mewakili para pecinta dan penggiat seni budaya golok Banten kepada seluruh elemen baik instansi pemerintah dan swasta yang telah mendukung seni budaya golok Banten”,

Bilkhusus kepada Bapak Kapolda Banten yang sekaligus sudah kami anggap sebagai keluarga, selaku orang tua kami dengan senantiasa mensupport dan memberikan dukungan terhadap Seni Budaya Golok Banten.

Sejarah mencatat, di tahun dan pada kesempatan kali ini Kami lebih mengenal sosok Jendral di institusi Polri yang juga telah peduli terhadap Seni Budaya Golok Banten “.Tutupnya.

(Rayi)