DPR Minta Pemerintah Bersikap Tegas Hadapi Ancaman Amerika Boikot G20

DPR Minta Pemerintah Bersikap Tegas Hadapi Ancaman Amerika Boikot G20

Bandung, LINews – Pemerintah Republik Indonesia (RI) diminta bersikap tegas dalam menghadapi ancaman boikot G20 oleh Amerika Serikat. Diketahui, Menteri Keuangan Amerika Serikat, Janet Yellen mengultimatum Indonesia sebagai Presidensi G20 untuk menghapus Rusia dari forum ekonomi utama.

Bahkan, Amerika mengancam akan memboikot sejumlah agenda jika Indonesia menghadirkan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menyikapi hal itu, anggota Komisi I DPR Muhammad Farhan menyatakan, Pemerintah RI harus tegas dalam menentukan sikap. Pasalnya, kata dia, Indonesia memiliki positioning besar dalam kesuksesan G20.

“Pernyataan Menteri Keuangan Amerika ini membuat kita agak bertanya-tanya, maunya apa ya? Padahal, Presiden Joe Biden masih memberikan syarat, bukan harga mati. Beliau mengatakan bahwa apabila Indonesia tidak bisa memenuhi permintaan ini (tidak mengundang Rusia) paling tidak undanglah Ukraina,” ujar Farhan dalam keterangannya, Senin (18/4/2022).

Farhan memastikan, Amerika Serikat tidak basa basi atas permintaan tersebut. Namun, dia menekankan bahwa imbas konflik Rusia-Ukraina yang berkepanjangan dapat menjadi momentum bagi Indonesia untuk menegaskan sikap netral.

“Pernyataan Menteri Keuangan Amerika Serikat, tapi bukan dari Presiden (Joe Biden) memang menegaskan bahwa mereka sedang mamastikan agar sanksi ekonomi itu memberikan efek yang besar, bukan yang sifatnya basa basi. Sikap politik mereka jadi sangat tegas,” katanya.

Farhan menilai, sejauh ini, belum ada negara-negara peserta G20 secara tegas bersikap terhadap rencana tersebut.

“Indonesia harus hati-hati menyikapi pernyataan Menteri Keuangan Amerika Serikat ini walaupun sampai sekarang belum terihat adanya pernyataan-pernyataan yang mendukung atau berseberangan dengan Menteri Keuangan Amerika,” ujarnya.

Farhan juga mengatakan bahwa untuk menghadapi situasi tersebut, Indonesia harus semakin massif membangun kepercayaan kepada peserta G20.

“Kita pun harus bisa menggalang agar membentuk sikap yang jelas. Indonesia harus bisa mengajak kolaborasi atau sikap bersama di antara para menteri luar negeri dari India, Brazil, dan anggota-anggota G20 yang lain. Sekarang momennya diplomasi modern, yaitu menaikkan positioning bersama. Sayangnya, sekarang belum ada yang seperti itu,” tuturnya.

Farhan memprediksi, Forum G20 bakal menjadi momentum Amerika Serikat habis-habisan menyudutkan Rusia.

“Saatnya sekarang membuat manuver menyeimbangkan hal itu karena Amerika akan habis-habisan di G20. Sehingga, bisa saya simpulkan G20 ini bisa jadi the last frontier bagi Amerika Serikat mempertahankan hegemoninya di dunia,” katanya. (Red)