Pasar Ciawi Tasikmalaya di Lalap Si Jago Merah

Pasar Ciawi Tasikmalaya di Lalap Si Jago Merah

Tasikmalaya, LINews – Kebakaran melanda Pasar Ciawi Tasikmalaya pada Minggu (18/12/2022). Ratusan kios hangus dilahap si jago merah. Dilaporkan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Lantas, bagaimana awal mula kebakaran di Pasar Ciawi itu? Simak informasinya berikut ini.

Kronologi Kebakaran Pasar Ciawi Tasikmalaya

Dilansir detikJabar, kebakaran terjadi di Pasar Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (18/12/2022) sekitar pukul 15.30 WIB. Kebakaran terjadi di sekitar blok C Pasar Ciawi. Salah seorang pedagang bernama Reni Restiani mengungkapkan detik-detik kebakaran di Pasar Ciawi.

“Waktu itu kami sudah beres-beres, mau tutup. Pas mau mengunci toko, ramai orang berteriak kebakaran,” kata Reni.

Sebagian pedagang memilih keluar untuk menyelamatkan diri, sebagian lainnya ada yang berusaha menyelamatkan barang dagangan dan harta benda.

“Saya memilih menjauh, karena api sudah ada di belakang toko saya. Itu api sudah di kios sayuran,” ucapnya.

Setelah Damkar datang, Reni membantu menyelamatkan barang dagangan di toko lain, yang saat itu belum tersentuh api.

“Kan bos saya punya beberapa jongko. Yang habis terbakar itu yang baju gamis, baju perempuan yang mahal-mahal. Nah kalau yang masih bisa diselamatkan yang jongko baju anak,” jelas Reni.

Titik Kebakaran

Titik api berada di tengah komplek pasar. Hal ini membuat kebakaran merembet ke segala arah. Area kios yang terbakar merupakan pedagang pakaian, sembako, dan makanan kering.

158 Kios Terbakar

Petugas pemadam kebakaran langsung dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi kebakaran. Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin yang sempat meninjau lokasi mengatakan ada 158 kios yang hangus terbakar.

“Data sementara kios yang terbakar 158 kios. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pemadaman kebakaran ini,” kata Cecep, Minggu (18/12/2022).

Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran

Tim Inafis Polres Tasikmalaya Kota melakukan upaya-upaya identifikasi terkait insiden kebakaran tersebut. Diduga, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik.

“Hasil penyelidikan sementara kebakaran diduga akibat adanya korsleting listrik di salah satu kios di blok C,” kata Kepala Bagian Operasi Polres Tasikmalaya Kota Kompol Shohet, Minggu (18/12/2022).

Namun, polisi masih melakukan penyelidikan mendalam terkait penyebab pasti kebakaran tersebut.

Api Baru Padam Setelah 4,5 Jam

Ada delapan mobil Damkar yang memadamkan api. Kebakaran Pasar Ciawi Tasikmalaya berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.00 WIB, Minggu (18/12/2022).Butuh waktu sekitar 4,5 jam untuk mengendalikan api.

“Tinggal pendinginan dan menyisir api kecil,” kata salah seorang petugas pemadam kebakaran.

Penanganan Pasca Kebakaran

Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin mengatakan pihaknya belum menentukan langkah apa yang akan diambil usai kebakaran Pasar Ciawi Tasikmalaya. Pilihannya adalah mendirikan pasar sementara atau melakukan relokasi.

“Belum sampai sana, apakah relokasi atau mendirikan pasar darurat. Tapi prinsipnya Pemkab akan berupaya secepatnya mencari solusi, agar para pedagang bisa kembali berjualan. Kami paham bahwa kegiatan usaha jangan terlalu lama terhenti,” kata Cecep, Minggu (18/12/2022).

Pedagang diminta bersabar karena usai kebakaran akan dilakukan penutupan sementara oleh pengelola pasar dan pihak kepolisian.

“Untuk sementara kita tutup dulu, sambil menunggu penyelidikan yang dilakukan polisi,” jelasnya.

(Odeng)