Kejati Banten Harap Usut Program PSU Yang Tidak Transparan

Kejati Banten Harap Usut Program PSU Yang Tidak Transparan

Banten, LINews – Di duga kegiatan pelaksanaan pekerjaan pembangunan peningkatan kualitas PSU permukiman jalan lingkungan Desa panyirapan kecamatan baros kabupaten serang Banten dikerjakan pada awal tahun 2023, pekerjaan yang dibiayai dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2022.

Dalam pantauan awak media di lapangan pekerjaan pemasangan jenis paving blok yang berlokasi di kampung cisolong RT.020/001 Desa panyirapan kecamatan baros kabupaten serang Banten, secara kasat mata terlihat didominasi pembangunan peningkatan kualitas PSU permukiman dengan leading sektor dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman (perkim) provinsi Banten.

Tak hanya itu, sehingga dapat di duga pekerjaan ini berpotensi dapat digolongkan proyek siluman tanpa papan informasi proyek yang jelas maupun keterangan lain.

Pentingnya papan informasi infrastruktur fisik mensyaratkan adanya dari semua elemen masyarakat yang ada untuk dapat mengontrol penggunaan anggaran negara APBN/ APBD. Bagaimana tidak, reformasi dan desentralisasi dibuat berdasarkan harapan untuk mengurangi korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di segala sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terkait dengan tujuan tersebut salah satu peraturan yang di terapkan adalah wajibnya pemasangan papan nama pengumuman oleh para pelaksana proyek, sesuai dengan prinsip transparansi anggaran.

transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan pemerintah dalam menjalankan program kerjanya.Dimulai sejak awal sampai akhir sebuah proyek yang di laksanakan pemerintah.Mulai dari perencanaan, pelaksanaan tender sampai pelaksanaan proyek.

Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP) mempertegas tentang transparansi pelaksanaan pekerjaan program pemerintah.

Padahal jelas data yang disembunyikan kami temukan” Nama paket pembangunan peningkatan kualitas PSU permukiman jalan lingkungan Desa panyirapan kecamatan baros kabupaten serang.

Nama KLPD, Pemerintah provinsi Banten,Satuan kerja,DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN, tahun anggaran 2022

Lokasi pekerjaan no 1.Provinsi Banten kabupaten serang detail lokasi desa panyirapan kecamatan baros kabupaten serang, Volume pekerjaan 1 paket urayan pekerjaan jalan lingkungan,sumber dana APBD pemerintah provinsi Banten.

Jenis pengadaan, pekerjaan konstruksi,pagu anggaran rp.190.000.000 (seratus sembilan puluh juta rupiah) metode pemilihan pengadaan langsung, pemanfaatan barang dan jasa mulai Juni 2022 Akhir Desember 2022, jadwal pelaksana kontrak, mulai Maret 2022 akhir mei 2022, jadwal pemilihan penyedia mulai Maret 2022 akhir Maret 2022.

(Yadi)

Tinggalkan Balasan