Pelestarian Lingkungan Hidup Harus Terus Diperkuat

Jakarta, LINews – Aspek pelestarian lingkungan harus menjadi landasan dalam setiap proses pembangunan demi masa depan yang lebih baik. Menurut Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat setiap upaya dalam menuju lingkungan hidup lestari tetap harus dikedepankan.

“Sejumlah kebijakan yang mendukung pelestarian lingkungan hidup harus terus diperkuat agar bumi tempat kita berpijak bisa terus memberikan kehidupan yang lebih baik bagi penghuninya,” ungkap Lestari dalam keterangannya, Sabtu (23/4/2022).

Hal ini ia sampaikan dalam rangka Hari Bumi yang diperingati setiap 22 April. Tahun ini, Hari Bumi menggagas tema Berinvestasi pada Planet Kita (Invest In Our Planet) untuk lebih mendorong setiap upaya menuju bumi yang lebih hijau demi kesejahteraan umat manusia.

Rerie, sapaan akrab Lestari, mengatakan upaya tersebut harus dimulai dari perilaku keseharian dengan memanfaatkan barang yang ramah lingkungan hingga kebijakan yang pro pelestarian lingkungan di setiap sektor baik politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Ia menambahkan pemanfaatan kearifan lokal dalam upaya melestarikan lingkungan hidup juga diharapkan dapat menanamkan pemahaman pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Rerie menilai Hari Bumi harus menjadi momentum untuk mengubah proses pembangunan ke arah yang lebih hijau dan ramah terhadap lingkungan hidup. Selain itu, pengalihan pemanfaatan energi fosil ke sumber energi baru dan terbarukan, seperti energi listrik, energi matahari dan energi angin harus terus dilanjutkan dan diperluas demi masa depan yang lebih hijau.

“Keberhasilan semua upaya tersebut sangat tergantung kepedulian semua pihak dan harus dilakukan secara bersama-sama melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat,” pungkasnya. (RN)