Usulan Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang

Usulan Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang

Jakarta, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal wacana buffer zone atau area penyangga Depo Pertamina Plumpang yang pernah diusulkan Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2009. Jokowi mengatakan bahwa dulu pembangunan buffer zone memang sejatinya sudah direncanakan.

“Dulu memang sudah direncanakan untuk dibuat air di kanan kirinya sungai,” kata Jokowi di lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023).

Namun, kata Jokowi, rencana pembangunan buffer zone tersebut belum sampai pada titik mencarikan solusi bagi para penduduk sekitar. Karena itu, dia pun meminta Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono untuk segera mencari solusi. Sebab, kawasan Plumpang ini menurutnya memang zona berbahaya yang tidak bisa ditinggali.

“Tetapi memang belum sampai pada titik mencarikan solusi bagi penduduk yang ada di situ. Tanah Merah ini kan padat dan penuh. Semuanya harus dicarikan solusi segera, apa, keamanan masyarakat, keselamatan masyarakat harus menjadi titikyangutama,” kata dia.

Jokowi melanjutkan, kawasan Plumpang ini seharusnya merupakan zona air. Menurutnya, tidak seharusnya permukiman padat penduduk berdekatan dengan Depo Pertamina.

“Memang zona ini harusnya adalah zona air, dibuat sungai, dibuat harus melindungi dari objek vital yang kita miliki, karena barang-barangnya di dalamnya memang barang-barang yang sangat bahaya untuk berdekatan dengan masyarakat apalagi dengan pemukiman penduduk,” tutur Jokowi.

(Robi)

Tinggalkan Balasan