24 Ribu Kuota Mudik Gratis di Bekasi, Simak Cara Daftarnya

24 Ribu Kuota Mudik Gratis di Bekasi, Simak Cara Daftarnya

Bekasi, LINews – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyelenggarakan mudik gratis tahun 2023 untuk masyarakat berbagai tujuan. Pendaftarannya dibuka di Terminal Kayuringin, Kecamatan Bekasi Selatan.

Kepala Seksi Angkutan Tidak Dalam Trayek (ATDT) Pada Dinas Perhubungan Kota Bekasi Permana Sidik mengatakan, mudik gratis ini merupakan program dari Kementerian Perhubungan. Tujuan mudik adalah area Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera.

“Ada 28 kota tujuan titik arus mudik, yang terbagi nanti ada 8 kota arus Balik dan 5 arus mudik dan balik,” ucap dia saat ditemui awak media di lokasi, Selasa (14/03/2023).

Ia menjelaskan, kegiatan pendaftaran mudik gratis sendiri, dimulai dari tanggal 13 Maret hingga 14 April 2023 mendatang. Serta, bagi masyarakat yang hendak melakukan proses pendaftaran Mudik Gratis bisa mendaftarkan data dirinya di aplikasi mobile “Mitra Darat” yang didaftarkan.

Lebih jauh, Permana menambahkan, adapun quota yang diberikan melalui kegiatan mudik gratis. Kemenhub memberikan jatah quota sebanyak 24 ribu terbagi dari beberapa Kota.

“Selain itu, dari banyaknya antusias para pemudik yang mendaftarkan diri. Kebanyakan dari para calon pemudik memilih ke sekitaran wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat, karena itu mungkin dominan pemudik berasal dari sana. Kalo daerah Sumatera hanya sebagian saja,” ungkapnya.

“Selanjutnya bagi para calon pemudik, juga bisa melakukan proses pendaftaran lanjutan di beberapa tempat lainnya seperti di Kantor Dishub Tangerang, Terminal Kayuringin, Margonda Depok. Dengan melengkapi beberapa persyaratan dokumen pendukung seperti membawa Kartu Keluarga (KK) dan KTP,” tutupnya.

(Zy)

Tinggalkan Balasan