Tornado Pasir Raksasa Terjang Arab Saudi

Tornado Pasir Raksasa Terjang Arab Saudi

Riyadh, LINews – Warga Arab Saudi dikejutkan oleh kemunculan tornado pasir berukuran raksasa yang menerjang area Taif dan meninggalkan kehancuran setelahnya. Sejumlah kendaraan milik warga setempat mengalami kerusakan parah akibat terjangan tornado itu.

Sejumlah video yang beredar di media sosial menunjukkan momen saat tornado itu bergerak melintasi tanah lapang, melahap bebatuan yang ada di jalurnya dan mengirimkan banyak debu ke udara, Selasa (14/3).

Beberapa video lainnya menunjukkan puing-puing berserakan di jalanan setelah tornado menerjang, dengan beberapa kendaraan milik warga mengalami kerusakan parah bahkan hingga ringsek.

“Rekaman yang sulit dipercaya menunjukkan sebuah tornado menerjang area pedesaan dekat Taif, Arab Saudi, saat gangguan cuaca dari barat yang kencang memicu malapetaka,” Ucap Mir Bilal.

Gangguan cuaca dari barat itu merujuk pada badai ekstratropis di wilayah Saudi.

Pusat Meteorologi Nasional Saudi merilis peringatan cuaca sejak Minggu (12/3) waktu setempat, yang memperingatkan soal badai petir dengan intensitas beragam yang diperkirakan melanda sebagian besar wilayah Saudi sepekan ini.

Menurut peringatan itu, hujan deras dan badai yang diwarnai badai pasir dengan angin kencang hingga mencapai kecepatan 50 kilometer per jam, bahkan hujan es dan banjir bandang, akan menerjang sejumlah provinsi Saudi pada pekan ini.

Dalam peringatannya, Pusat Meteorologi Nasional Saudi juga menyebut adanya potensi hujan lebat yang membuat jarak pandang rendah.

Warga setempat diimbau untuk selalu mencari informasi terbaru soal cuaca terkini melalui layanan komunikasi dan saluran media sembari mematuhi instruksi otoritas terkait.

(Vhe)

Tinggalkan Balasan