Polda Jabar Himbau Pemudik Gunakan Rest Area Sesuai Waktu yang Ditentukan

Bandung, LINews  – Arus mudik lebaran dipastikan sudah dimulai, namun pemudik masih belum mendominasi di jalur tol, di wilayah Jawa Barat.

Polda Jawa Barat terus melakukan sosialisasi agar mudik aman mudik sehat tahun 2022 ini berjalan lancar.

Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Jabar AKBP Bayu Catur Prabowo menjelaskan bahwa jajaran Ditlantas Polda Jabar terus mensosialisasikan kegiatan mudik tahun ini.

“Mudik tahun ini beda, karena dua tahun tidak melakukan perjalanan mudik, sehingga masyarakat akan memanfaatkan momen mudik lebaran tahun ini,” jelas AKBP Bayu, Sabtu (23/4/2022).

AKBP Bayu menambahkan, bahwa Polda Jabar telah menyiapkan langkah antisipasi dan cara bertindak (cb) dalam menangani situasi arus mudik tahun ini.

“Ada CB yang kita siapkan dalam menghadapi mudik tahun ini, dan ini akan terus kita sosialisasi kan ke masyarakat setiap harinya melalui media, media sosial dan secara langsung,” jelasnya.

Salah satunya, menurut AKBP Bayu hal yang selalu jadi sorotan yakni rest area jalan tol.

“Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, agar di rest area nanti hanya diberi waktu 30 menit saja,” jelasnya.

Hal ini sebagai antisipasi dari langkah penerapan situasi di jalan tol.

“Kita terapkan langkah seperti one way, kontra flow jika situasi padat, nah rest area ini akan jadi perhatian,” jelasnya.

Kepada pemudik juga, diminta untuk mempersiapkan diri saat melakukan perjalanan mudik.

“Siapkan, fisik, mental saat mudik. Intinya jika di rest area jalan tol taat aturan dari petugas, agar tidak menjadi penyebab kemacetan,” pungkasnya. (Red)