KPK On The Track, tapi Belum Ungkap Kasus Besar

KPK On The Track, tapi Belum Ungkap Kasus Besar

Jakarta, LINews – Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatorangan Panggabean menilai lembaga antirasuah di bawah kepemimpinan Firli Bahuri Cs masih berada di jalur yang tepat dalam pemberantasan korupsi.

Namun, dia menyayangkan belum ada kasus besar atau ‘the big fish’ yang diungkap Firli Cs selama empat tahun menjabat sebagai pimpinan KPK. Hal itu disampaikan Tumpak dalam siniar ‘Kenal Lebih Dekat Ketua Dewas KPK’ yang diunggah akun Youtube KPK, dikutip Senin (27/3).

“KPK sampai saat ini masih on the track di dalam pemberantasan korupsi, baik bidang pencegahan maupun penindakan. Hanya sayangnya kita belum berhasil mengungkap kasus-kasus yang besar, kasus-kasus yang kita beri nama dulu ‘the big fish’ itu jarang terjadi dilakukan oleh KPK,” ujar Tumpak.

Tumpak yang juga merupakan pimpinan KPK jilid pertama ini menuturkan KPK saat ini lebih banyak mengungkap kasus suap dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kasus itu lebih banyak melibatkan aparatur negara.

Di lain sisi, menurut dia, KPK masih dipercaya masyarakat dalam rangka pemberantasan korupsi.

“Cuma sayangnya itu, ya, saya bilang kita kurang bisa membongkar kasus-kasus yang sifatnya besar, karena kita mesti tahu juga bahwa kegiatan KPK itu harusnya terasa menyejahterakan masyarakat banyak, ada yang dirasa oleh publik,” ucapnya.

Ia pun berharap KPK ke depannya berani untuk mengungkap kasus besar yang mempunyai manfaat bagi masyarakat banyak. Ia meyakini KPK mampu melakukan itu.

“KPK bisa kok, harusnya bisa, menurut saya harusnya bisa seperti yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung itu. Bagaimana pun orang mengharap KPK itu lebih di depan, ya toh, karena kita ini, UU menyambut kita ini supervisor di dalam melakukan penyidikan dan penuntutan perkara-perkara korupsi,” pungkasnya.

(Adrian)

Tinggalkan Balasan