Pelabuhan Merak Membeludak Dipadati Pemudik Minggu Pagi

Merak, LINews – Pemudik di Pelabuhan Merak, Banten mulai membeludak pada Minggu (24/4/2022) pagi. Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, petugas akan menggunakan sistem buka tutup menuju pelabuhan.

Dari pantauan LINews, volume kendaraan pribadi calon pengguna jasa yang hendak mudik ke Pulau Sumatra di mulai padat kantung dermaga reguler maupun eksekutif  Pelabuhan Merak.

Tak hanya kendaraan roda empat, roda dua juga terpantau mulai berdatangan untuk melakukan perjalanan mudik. Namun, produksi angkutan di pelabuhan ini masih didominasi truk barang.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, kepolisian telah membuat strategi untuk mengatur lalu lintas apabila terjadi antrean pemudik. Salah satunya sistem buka tutup jalan sekaligus memberikan pelayanan bagi pelaku perjalanan agar tidak terjadi penumpukan calon pemudik.

“Jadi nanti sistemnya kalau di dermaga ini sudah penuh maka kami akan buka tutup. Nanti kami juga akan buat kantong kendaraan yang menuju pelabuhan,” ucap Sigit, Minggu (24/4/2022).

Sementara berdasarkan data penyeberangan, terdapat 21.860 orang penumpang kapal dan 5.063 kendaraan. Sebanyak 4.691 di antaranya merupakan truk barang yang memuat berbagai kebutuhan pokok maupun yang lainnya.

Saat ini, pengelola pelabuhan mengoperasikan 30 kapal dan 51 perjalanan untuk mengangkut pengguna jasa penyeberangan ini dengan mengoptimalkan lima dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif. (Yadi)