KPK Periksa Grace Tahir di Kasus Gratifikasi Rafael Alun

KPK Periksa Grace Tahir di Kasus Gratifikasi Rafael Alun

Jakarta, LINews — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan pemeriksaan terhadap Direktur Mayapada Hospital Grace Tahir untuk mendalami soal aliran dana dari Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun.

Pernyataan itu sekaligus meralat keterangan KPK sebelumnya yang menyebut Grace diperiksa terkait dugaan gratifikasi Rafael Alun. Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu berkata Grace diperiksa sebagai saksi.

“Terkait dengan pemeriksaan saksi Grace itu memang soal perkaranya Rafael. Kami sedang menelusuri perkaranya TPPU, bukan gratifikasi,” ujar Asep di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (11/5).

Saat ditanya apakah pemanggilan Grace terkait jual beli rumah yang dimiliki Rafael, Asep tidak bisa memastikan.

Dia juga enggan menjelaskan soal berapa lama hubungan Grace dan Rafael terkait TPPU. Namun, ia berjanji akan memberi keterangan lebih lanjut.

“Nanti kita jelaskan, ini kan masalah TPPU, yang mana mengalihkan, menempatkan, hasil tindak pidana korupsi. Ini sedang kita dalami apakah ada barang atau sesuatu di sana merupakan hasil tipikor atau bukan,” kata dia.

Asep mengaku belum bisa memastikan jumlah atau nilai TPPU Rafael. Menurutnya nilai TPPU itu terus bertambah seiring penyelidikan yang dilakukan KPK.

“Ini terus bertambah karena kita sedang mendalami dari sementara puluhan miliar, nanti akan terus bertambah, karena kita harus cek yang kita temukan,” ucapnya.

Menurut Asep, lembaga antirasuah akan memeriksa lebih lanjut keterlibatan Grace dalam kasus TPPU Rafael. Ia akan mengecek apakah aset yang dimiliki Grace merupakan hasil dari tidak pidana atau bukan.

“Grace kita cek, apakah itu hasil tipikor apa bukan. Kalau itu hasil tipkor pasti dan harus kita sita, kalau bukan ya enggak,” kata dia.

Grace Tahir, putri kedua dari Dato Sri Tahir dan Rosy Riady itu keluar dari Gedung Merah Putih. Grace keluar pukul 13.27 WIB. Ia menggunakan baju strip putih-biru dan kacamata.

Saat ditanya terkait TPPU yang menjerat antan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, ia tak memberi jawaban apapun. Grace hanya menggelengkan kepala.

(Ary)

Tinggalkan Balasan