Ketua Bawaslu Datangi KPU di Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg

Ketua Bawaslu Datangi KPU di Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg

Jakarta, LINews – Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menyambangi kantor KPU RI di Menteng, Jakarta Pusat, di hari terakhir pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di Pemilu 2024. Bagja mengatakan hendak mengawasi proses pendaftaran bacaleg dari para parpol peserta pemilu yang diselenggarakan oleh KPU RI.

“(Mendatangi KPU) dalam rangka mengawasi proses pendaftaran caleg yang akan selesai pada hari ini tepat jam 23.59 WIB,” kata Bagja kepada wartawan di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/5/2023).

Bagja menuturkan sejauh ini evaluasi terhadap KPU RI dalam proses pendaftaran bacaleg yakni akses data di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU masih terbatas. Hal ini, kata Bagja, berdampak pada pengawasan keterpenuhan syarat dari para bacaleg yang didaftarkan.

“Evaluasinya mungkin di pengawasan, SILON belum terbuka secara bebas. Hari pertama (pendaftaran caleg) oke, hari kedua oke, hari ketiga mulai ada batasan-batasan. Kita nggak bisa akses, misalnya, dokumen-dokumennya” ujar Bagja.

“Ketika tidak bisa diakses maka keterpenuhan, misalnya, apakah yang bersangkutan ada ijazahnya ada, ijazah SMA-nya ada, kemudian terverifikasi atau legalisir seperti apa. Yang kedua, dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan pencalonan,” imbuhnya.

Bagja mengatakan sampai saat ini akses di SILON itu masih belum dibuka kembali oleh pihak KPU. Dia mengaku masih terus berkomunikasi dengan KPU terkait ini.

“Sekarang belum. Nanti Kamis sedang koordinasi dengan teman-teman KPU kembali agar bisa dibuka,” ujarnya.

Pendaftaran calon anggota DPR, DPRD dan DPD telah resmi dibuka sejak 1-14 Mei 2023. Pendaftaran dibuka selama dua pekan penuh.

KPU akan melayani mulai pukul 08.00-16.00 waktu setempat pada 1-13 Mei 2023. Sedangkan di 14 Mei 2023, KPU akan melayani mulai pukul 08.00-23.59 waktu setempat.

(Robi)

Tinggalkan Balasan