Polisi Militer Jadi Sorotan Saat Kawal Jhonny Plate

Polisi Militer Jadi Sorotan Saat Kawal Jhonny Plate

Jakarta, LINews – Deretan polisi militer (PM) yang mengawal Menkominfo nonaktif Johnny G Plate saat dibawa ke mobil tahanan menjadi sorotan. Kejaksaan Agung (Kejagung) memberikan penjelasan terkait sejumlah polisi militer tersebut.

Johnny G Plate di ketahui ditahan Kejagung usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS pada Rabu (17/5/2023).

Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana, mengatakan personel polisi militer yang mengawal Johnny Plate berasal dari jajaran Jaksa Agung Muda Pidana Militer.

“Kan di kita ada JAMPIDMIL (Jaksa Agung Muda Pidana Militer) yang personelnya sebagian dari TNI,” kata Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana, kepada wartawan, Kamis (18/5/2023).

Adapun jajaran Jampidmil adalah Jaksa Agung Muda Pidana Militer Laksamana Anwar Saadi dari TNI, Direktur Penindakan di Jampidmil dari TNI, sehingga otomatis sebagian keamanan dalam di Kejaksaan juga berasal dari TNI. Sementara di tingkat Kejati, ada Aspidmil (Asisten Pidana Militer) yang pangkatnya Kolonel.

“Secara otomatis kita juga minta bantuan BKO dari TNI dalam rangka pengamanan proses penegakan hukum dan keamanan dalam kantor, gedung dll,” ujarnya.

“Kalau dilibatkan dalam proses penegakan hukum itu hal yang wajar, bahkan kenangan perkara korupsi satelit di Menhan kita berkolaborasi karena perkaranya Koneksitas, termasuk perkara (korupsi -red) pengadaan Rumah prajurit TNI,” imbuhnya.

(Lukman)

Tinggalkan Balasan