Warga Tasik Pasang Spanduk Tuyul Dilarang Beraksi

Warga Tasik Pasang Spanduk Tuyul Dilarang Beraksi

Kota Tasikmalaya, LINews – Warga Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), memasang spanduk berlatar biru dengan gambar ilustrasi tuyul. Spanduk sengaja dipasang karena sejumlah warga kesal sering kehilangan uang secara misterius.

Dalam spanduk itu terdapat tulisan ‘Mohon Kesadaran Kepada Pemilik Tuyul Jangan Beraksi Lagi di Burujul. Perbuatan Anda Dosa besar’. Spanduk itu dipasang di Kampung Burujul, Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya. Tak hanya uang hasil berdagang, uang pajak titipan masyarakat juga hilang tanpa sebab meski laci lemari dalam keadaan terkunci rapat.

“Jadi, karena memang sering uang hilang ada yang dagangan, ada juga uang pajak masyarakat ilang Rp 200 itu teh jadi ajah kakak saya inisiatif pasang spanduk ini. Bukan menuduh ya, tapi memang menyadarkan aja,” kata ketua RT setempat, Euis Karsuai (55), Sabtu (3/6/2023).

Euis menjelaskan spanduk itu sengaja dipasang untuk menyadarkan pemilik tuyul agar tidak beraksi lagi di kampungnya. Dia mengaku tidak menuding siapa pun.

“Itu supaya sadar saja, karena perbuatan itu dosa, dengan usaha mengambil uang orang lain lewat tuyul. Tidak nuding siapa pun sekali lagi,” jelas dia.

Uang yang hilang mulai hasil jual beras, arisan, hingga uang pajak. Bahkan saking ketakutan uang hilang, Euis selalu membawa tas berisi uang ke mana pun pergi. “Capek saya, Pak, hilang wae uang tiap pagi. Saya harus ganti uang orang tanpa saya pakai,” ucap Euis.

(Edeng)

Tinggalkan Balasan