Gubernur Khofifah Berangkatkan Rombongan Mudik Gratis Warga Jatim dari Jakarta

Gubernur Khofifah Berangkatkan Rombongan Mudik Gratis Warga Jatim dari Jakarta

Surabaya, LINews – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan 431 pemudik dari Jakarta untuk pulang kampung di Jatim, Selasa (26/4/2022).

Ratusan pemudik itu diberangkatkan ke Jatim menggunakan 10 armada bus dari Halaman Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia, Jakarta.

Program mudik bareng gratis dari Jakarta ke Jatim ini melengkapi program Mudik Bareng Gratis dengan tujuan antar kota dalam provinsi yang telah ada tahun-tahun sebelumnya.

Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa inisiatif ini merupakan respons Pemprov Jatim atas banyaknya permintaan dari perantau asal Jatim yang juga menginginkan adanya program mudik bareng gratis semacam ini. Dia berharap program ini menjadi kado Lebaran bagi para perantau Jatim yang sudah dua tahun ini tidak bisa mudik akibat pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, ini pertama kalinya kita menggelar Mudik Bareng Gratis dari Jakarta ke Jatim. Pemudik difasilitasi untuk pulang kampung ke-18 daerah di Jawa Timur,” katanya.

Sebelum pemberangkatan, Gubernur Khofifah juga menyempatkan diri mengecek kesiapan bus dan berbincang dengan para pengemudi, maupun pemudik yang mengikuti kegiatan mudik gratis sebelum diberangkatkan.

Kepada Khofifah, beberapa masyarakat bahkan menceritakan kegiatan ini merupakan kali pertama Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan program mudik gratis bagi warga Jatim yang tinggal di Jakarta.

Menanggapi antusiasme warga Jatim yang ikut program mudik gratis ini, Khofifah mengaku turut merasakan kebahagiaan. Dia berharap, dengan adanya mudik gratis ini dapat membantu kebutuhan masyarakat yang menjadi tradisi menuju Lebaran.

“Harapan kita bisa dibayangkan, kalau semua bawa mobil pribadi justru akan memberikan ruang bagi kemacetan. Dengan adanya mudik gratis ini tentunya akan mengurangi kemacetan,” ujar Khofifah. (Salman)