Pangdam Siliwangi: Terus Asah Kemampuan

Pangdam Siliwangi: Terus Asah Kemampuan

BANDUNG, LINews – Sebagai aparat kewilayahan dan pelopor, para Babinsa dan danramil diharapkan tidak merasa puas oleh simpati masyarakat. Terus asah kemampuan agar secara psikologis tidak berubah dan tetap fokus pada tugas pokok satuan kewilayahan.

Pernyataan itu disampaikan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo saat memberikan arahan dalam Apel Danramil dan Babinsa Jajaran Kodam III Siliwangi di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (13/6/2023).

Kegiatan yang diikuti 1.601 prajurit itu merupakan kelanjutan dari Apel Komandan Satuan (AKS) Tersebar Kodam III Siliwangi TA 2023 di Kebun Raya Kuningan pada Mei 2023 lalu.

Apel Danramil dan Babinsa diikuti oleh seluruh Danrem, Dandim, Kasi Korem, Danramil, dan perwakilan Babinsa jajaran Kodam III Siliwangi.

Tujuan dari kegiatan ini memberikan ruang komunikasi bagi seluruh aparat kewilayahan jajaran Kodam III Siliwnagi tentang tugas dan fungsi.

Pangdam Siliwangi mengatakan, perlu pola kerja tersusun, terkonsep, terstruktur sehingga pelaksanaan tugas pokok di wilayah dalam berbagai aspek dapat menghasilkan output baik dan terukur.

“Militer adalah organisasi yang sudah sangat lengkap, baik secara hukum hingga petunjuk teknis. Sudah ada semua. Organisasinya lengkap dengan mengacu pada sejarah dan sistem pertahanan kita sebagai negara kepulauan,” kata Pangdam Siliwangi.

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyatakan, Babinsa dan Danrami serta seluruh jajaran agar terus menjadi solusi untuk masyarakat sehingga tercipta simbiosis mutualisme berkelanjutan. Tujuannya agar tatanan di masyarakat tetap kokoh.

“Saya hanya bisa menguatkan kalian, teruslah menjadi contoh terbaik untuk orang lain. Jangan berpuas diri oleh simpati. Terus asah kemampuan. Mudah-mudahan kita selalu berada dalam lindungan dan diberikan kekuatan dalam menjalankan tugas,” ujar Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Setelah arahan, Pangdam Siliwangi memberikan penghargaan kepada anggota yang berprestasi. Di antaranya, Dandim 0611 Garut Letkol Czi Dhanis Woro dan Danramil 0611-01 Garut Kota Kapten Czi Wardiman yang memiliki inovasi Drone Tembak Sangkuriang dan Cold Storage.

Danramil 0618-11 Ujungberung Mayor Chb Edi Sutrisno berhasil menangani konflik sosial antara pengemudi ojek online dengan ojek pangkalan dan menggagalkan peredaran narkoba.

Kemudian, Babinsa Koramil 0617-05/Cikijing Kodim 0617 Majalengka Serma Awandi, sebagai pelopor dan penggerak ekonomi rakyat di bidang pertanian dengan menanam bawang merah menggunakan Bios 44 DC yang mampu mendongkrak kualitas dan kuantitas hasil panen.

Disamping itu, Pangdam juga memberikan penghargaan kepada satuan yang aktif dalam penggunaan pupuk Bios 44 DC. Di antaranya, Kodim 0602 Serang, Kodim 0611 Garut, Kodim 0605 Subang, Kodim 0616 Indramayu, dan Kodim 0613 Ciamis.

Pengarahan berbagai materi teknis tentang tugas kewilayahan untuk penguatan Apkowil juga diberikan oleh Kapoksahli Pangdam III Siliwangi, Asintel, Asops, dan Aster Kasdam III Siliwangi, kepada seluruh peserta Apel Danramil dan Babinsa Jajaran Kodam III Siliwangi.

(Red)

Tinggalkan Balasan