Ketinggian Indramayu Nyaris Sama dengan Permukaan Laut

Ketinggian Indramayu Nyaris Sama dengan Permukaan Laut

Indramayu, LINews – Letak geografis menentukan tinggi suatu daratan. Uniknya, di Jawa Barat yang dikenal dengan wilayah dengan banyak dataran tinggi karena keberadaan pegunungan dan perbukitan, ada beberapa daerah yang memiliki ketinggian sangat rendah bahkan hampir sepadan dengan permukaan air laut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar yang dirilis pada 8 Agustus 2023 bertajuk ‘Tinggi Wilayah dan Jarak ke Ibukota’, ada beberapa daerah di Jawa Barat yang punya ketinggian hanya beberapa meter saja di atas permukaan laut atau Mdpl.

Daerah pertama dengan Mdpl terendah ialah Kabupaten Indramayu. Daerah di pesisir pantai utara (Pantura) Jawa Barat ini memiliki ketinggian hanya 2,08 Mdpl. Selanjutnya ada Kota Cirebon yang masih bertetangga dengan Indramayu.

Kota Cirebon memiliki ketinggian 4,66 Mdpl. Berikutnya ada Kabupaten Pangandaran di pesisir selatan Jawa Barat. Daerah yang terkenal dengan pariwisatanya ini hanya memiliki ketinggian 6,96 Mdpl. Untuk diketahui, data BPS tersebut merupakan data ketinggian tahun 2021.

Memiliki daerah dengan Mdpl terendah, Jawa Barat pastinya punya daerah dengan Mdpl tertinggi. Tercatat ada lima daerah dengan Mdpl di atas angka 700, bahkan hampir mencapai 800.

Daerah dengan Mdpl tertinggi pertama yakni Kota Cimahi dengan ketinggian mencapai 794,36 Mdpl, Kabupaten Bandung Barat 789,56 Mdpl, Kabupaten Garut 758,92 Mdpl, Kabupaten Bandung 728,01 Mdpl dan Kota Bandung 716,63 Mdpl.

(Red)

Tinggalkan Balasan