Jelang Upacara HUT Ke-78 RI, Jokowi Sapa Warga Depan Istana Merdeka

Jelang Upacara HUT Ke-78 RI, Jokowi Sapa Warga Depan Istana Merdeka

Jakarta, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa warga di depan Istana Merdeka jelang upacara pengibaran bendera peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Jokowi keluar dari Istana dan langsung disambut riuh antusias warga.

Pantauan detikcom di Jalan Merdeka Utara, Rabu (17/8/2023), dia menghampiri kerumunan warga. Penjagaan tampak ketat saat Jokowi menyapa warga.

Jokowi berkeliling sambil melambaikan tangan kepada warga yang hadir. Warga tampak merekam momen tersebut dengan ponselnya masing-masing.

“Pak Jokowi… Pak Jokowi,” teriak warga menyambut kedatangannya.

Sejumlah warga tampak senang melihat Jokowi secara langsung. Beberapa di antaranya mengaku baru pertama kali melihat Jokowi secara langsung.

“Pertama kali ngelihat Jokowi langsung, akhirnya,” ucap warga di lokasi.

Tim Indonesia Maju Bakal Bertugas Kibarkan Bendera Merah Putih

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar pagi ini. Tim Pasukan Pengibar Bendera Bendera Pusaka (Paskibraka) yang mengibarkan bendera merah putih hari ini dinamakan Tim Indonesia Maju.

Tim Indonesia Maju ini terdiri dari perwakilan tiap provinsi di Indonesia. Tim tersebut telah dikukuhkan oleh Presiden Joko WIdodo di Istana Negara pada Selasa (15/8).

Dalam upacara pagi ini, Lilly Indriani Suparman Wenda mendapat kepercayaan untuk bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih. Lilly Wenda merupakan perwkilan dari Provinsi Papua Pegunungan.

Tiga orang dari Kelompok 8 akan bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih. Ketiganya masing-masing bernama Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Tugas Komandan Upacara akan diemban oleh Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan. Saat ini Kolonel Joko menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Komandan Kompi Paskibraka ialaah Kapten Mar Ganteng Prakoso. Saat ini, ia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Sementara untuk tugas sebagai Perwira Upacara akan diemban oleh Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

(Bayu)

Tinggalkan Balasan