Panglima TNI Harap Modifikasi Cuaca Bisa Atasi Polusi

Panglima TNI Harap Modifikasi Cuaca Bisa Atasi Polusi

Jakarta, LINews – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memimpin apel pengamanan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Yudo telah berkoordinasi dengan BMKG untuk mengupayakan hujan agar polusi di Jakarta berkurang.

“Ya kemarin dalam rapat saya juga sampaikan kepada BMKG jadi masih tetap diusahakan untuk bisa dilaksanakan TMC (teknologi modifikasi cuaca) dengan mendatangkan hujan. Mudah-mudahan ini bisa berhasil, walaupun awannya katanya nggak sampai ke Jakarta, tapi mudah-mudahan dengan TMC ini bisa kita laksanakan,” kata Yudo di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Yudo mengatakan pihaknya beserta Polri dan pihak terkait lainnya juga telah berupaya melakukan penyiraman di beberapa ruas jalan untuk mengatasi polusi.

“Kemarin sudah juga kita juga laksanakan dengan penyemprotan di jalan-jalan yang dilakukan oleh damkar dan polri dan TNI dengan pemerintah lain, ya semuanya pasti juga akan berusaha untuk menurunkan tingkat polusi udara di Jakarta ini, termasuk kegiatan work from home yang diterapkan sehingga semoga semuanya bisa mengurangi polusi di Jakarta,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Jenderal Listyo Sigit juga menyebut Pemprov DKI Jakarta juga telah menerapkan work from home (WFH). Dia berharap hal ini juga bisa mengurangi polusi.

“Jadi khusus untuk menghadapi KTT ASEAN ke-43, dalam rangka menjaga jangan sampai yang pertama ancaman kemacetan, kedua polusi tentunya, maka mulai dari kegiatan di sekitar venue pemerintah telah menetapkan bahwa 75 persen masyarakat yang ada di sekitar venue bisa melaksanakan work from home, jadi paling tidak mengurangi potensi polusi,” katanya.

Diketahui, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta digelar pada 5-7 September 2023. Polri mengerahkan 6.182 personel, sedangkan TNI mengerahkan 13.158 personel.

(Andri)

Tinggalkan Balasan