Kader NasDem DKI dan Banten Usulkan Anies Jadi Capres

Kader NasDem DKI dan Banten Usulkan Anies Jadi Capres

Jakarta, LINews – Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta NasDem A Effendy Choirie menyebut mayoritas aspirasi kader NasDem di Banten dan DKI menghendaki Anies Baswedan jadi calon presiden (capres). Nama Anies dinilai punya pengaruh kuat di DKI dan Banten.

“Nah terkait Banten dan DKI, memang nanti masih ada perlu rapat, semacam rapat kerja wilayah DKI maupun Banten. Tapi berdasarkan aspirasi dari bawah, dari DPD, dari DPW, dan dari DPD-DPD itu mencerminkan DPC, DPC juga mencerminkan aspirasi ranting, ranting juga mencerminkan masyarakat mayoritas di Banten dan DKI. Sekaligus juga atas dasar survei lembaga-lembaga, maka mayoritas di sana itu menghendaki Anies Baswedan,” kata A Effendy Choirie atau Gus Choi kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Menurut Gus Choi, memang muncul nama-nama lain seperti Andika Perkasa, Ganjar Pranowo, dan Erick Thohir. Namun, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diusulkan mayoritas NasDem di Banten dan DKI.

“Kecenderungannya begitu (mayoritas Anies), mungkin pengaruh Anies di Jakarta kuat. Iya, Jabodetabek betul. Memang hampir di Jabodetabek itu memang kuat,” ujar Gus Choi.

Suara mayoritas NasDem DKI dan Banten ini, kata Gus Choi, belum ‘ketuk palu’ atau belum diputuskan secara resmis. Sebab, NasDem DKI dan Banten akan terlebih dahulu rapat kerja menentukan siapa nama yang bakal diusulkan di Rakernas NasDem 15-17 Juni nanti.

“Nanti DPW akan raker, kemudian raker itu mendengarkan pandangan-pandangan DPD, level kabupaten. Kemudian nanti nama-nama itu kita sesuaikan dengan aspirasi, kita sampaikan pada saat raker. Pada saat raker itu, sesuai petunjuk dari panitia, ini belum ada soalnya, apakah cukup menyampaikan satu nama, atau terserah berapa saja, itu belum ada petunjuk,” ucapnya.

Jika NasDem DKI dan Banten sudah memutuskan secara resmi nama yang bakal dibawa ke Rakernas NasDem, maka disampaikan ke DPP NasDem. NasDem pusat mengerucutkan tiga nama dari usulan setiap DPW dan keputusan akhir berada di tangan Ketum Surya Paloh.

“Aspirasi-aspirasi ini akan Pak Surya pertimbangkan dalam rakernas itu, mana yang ini, terserah sepenuhnya kepada ketua umum,” imbuhnya. (RN)