Wakil Walkot Makassar Maju untuk Dapil Sulsel Gantikan SYL

Wakil Walkot Makassar Maju untuk Dapil Sulsel Gantikan SYL

Makassar, LINews — Wakil Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Fatmawati Rusdi mengundurkan diri dari jabatannya dan berencana akan maju bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024 melalui Partai NasDem.

Wakil Bendahara Umum DPP Partai NasDem ini mengundurkan diri dari jabatannya karena telah masuk dalam Daftar Calon Legislatif Tetap (DCT) yang disetorkan ke KPU RI pada Selasa (3/10) kemarin.

Fatmawati pun maju sebagai caleg di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 1 yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Jeneponto, dan Selayar. Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) disebut batal jadi Caleg NasDem untuk Pileg 2024.

Fatmawati menerangkan NasDem meminta dirinya untuk maju di Pileg 2024 demi memenuhi target partai itu Sulsel pada pemilu mendatang.

“Sebenarnya dari dulu saya diminta untuk nyaleg di dapil 1. Karena targetnya NasDem (di Sulsel) dua kursi untuk DPR RI. Tapi saya kan masih ada masa jabatan dua tahun sesuai undang-undang dan Pilkada jadi (dimajukan) sehingga masa jabatan kita akan berakhir di 2024,” kata Fatmawati, Kamis (5/10).

Atas keputusannya menanggalkan jabatan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati mengaku sudah minta izin ke Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

“Saya juga minta izin dan minta restu sama pak wali. Iya, pak wali respons,” ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten turut mengatur bahwa kepala dan wakil kepala daerah yang maju caleg wajib mundur.

Kepala dan wakil kepala daerah yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) tingkat DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Pemilu 2024 harus mengundurkan diri dari jabatan mereka. Hal itu diatur dalam Pasal 182 huruf k dan Pasal 240 Ayat (1) huruf k Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Karena syaratnya, saya harus mundur nanti setelah (ditetapkan) DCT,” katanya.

Pada kesempatan itu, Fatmawati mengatakan Menteri Pertanian yang juga kader NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL) urung ikut bertarung di Pileg DPR 2024 untuk Dapil Sulsel 1. Hal itu, kata dia, karena ada dugaan kasus korupsi yang terjadi di lingkungan Kementan.

“Kemarin keputusannya, karena dia (SYL) harus fokus pada proses hukumnya,” tuturnya.

Saat ditanya lebih lanjut, bahwa dirinya akhirnya ikut Pileg DPR karena menggantikan SYL, Fatmawati menjawab itu adalah dinamika politik. Dia pun mengaku hanya mengikuti perintah Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

“Tidak sih, dari sebelumnya sudah ada nama saya. Cuman melihat (pertarungan) di dapil 1 ada Pak SYL, tadinya ada Ibu Indira. Tapi seiring dinamika politik jadi begini. Saya kan pengurus DPP jadi kalau ada perintah dari ketum ya susah (menolak),” jelasnya.

Terpisah, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto membenarkan bahwa Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengundurkan diri.

“Iya benar, surat (pengunduran dirinya) masuk sejak kemarin,” kata Danny.

(Bachri)

Tinggalkan Balasan