Kapolda Papua Barat Dinobatkan Sebagai Panglima Perang Suku Imeko

Kapolda Papua Barat Dinobatkan Sebagai Panglima Perang Suku Imeko

Papua Barat – Kapolda Papua Barat Irjen Pol Drs. Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si Dinobatkan sebagai Pahlawan Panglima Perang bagi Keluarga Besar Suku Imeko Kabupaten Sorong Selatan saat hadir dalam acara pelantikan / pengukuhan kepala suku dan pengurus ikatan keluarga besar Imeko di Kabupaten Sorong Selatan sesaat sebelum acara pembukaan MTQ IX di Kabupaten Sorong Selatan.

Penyematan gelar Pahlawan dan Panglima Perang Tiga Suku Besar Imekko (Inanwatan, Metemani dan Kokoda) ditandai dengan pemakaian Mahkota dan pemberian busur panah serta kain merah oleh Kepala Suku Imeko Johan Bodori kepada Kapolda Papua Barat dengan disaksikan oleh Gubernur Provinsi Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE, Para PJU Polda Papua Barat, Kapolres Sorong Selatan AKBP Dr. (Cand). Choiruddin Wachid, S.I.K., M.M serta tamu undangan yang hadir di Aula GKI Marthen Luther Wermit Distrik Teminabuan, Sabtu (7/5/2022).

Kepala suku Imeko Johan Bodori dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pemberian gelar pahlawan ini merupakan bentuk penghargaan dan simbol pemberian mandat kekuasaan dan kepemimpinan dari keluarga besar tiga suku Imeko (Inanwatan, Metemani dan Kokoda).

Kemudian Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli yang juga berasal dari keluarga besar suku Imeko dalam sambutannya menyampaikan hal ini merupakan bentuk ucapan terima kasih dan penghargaan masyarakat Imeko kepada Kapolda Papua Barat atas dukungan dan perhatian yang luar biasa yang telah menjadikan anak-anak dari suku Imeko menjadi anggota Polri melalui Bintara Afirmasi Otsus T.A 2021

Atas penyematan gelar Pahlawan tersebut Kapolda Papua Barat Irjen Pol Dr.Tornagogo Sihombing S.I.K.,M.S menyampaikan ucapan trimakasih dan merupakaan suatu kebanggan dan kehormatan tersendiri selama kurang lebih dua tahun menjabat selaku Kapokda Papua Barat dapat memberikan kesan bagi para tokoh-tokoh adat serta masyarakat suku besar Imeko khusunya dalam hal rekrutmen Bintara Afirmasi Otsus T.A 2021 bisa menjadikan anak-anak dari Suku Imeko menjadi Anggota Polri dan hal ini juga berkat bantuan dari Pejabat dan Stake Holder yang terkait dan kita berharap kedepannya tetap berjalan. (BidHumas Papua Barat)