Basis Jokowi Disebut ke Prabowo-Gibran: Publik Nyaman

Basis Jokowi Disebut ke Prabowo-Gibran: Publik Nyaman

Jakarta, LINews – Basis pendukung Jokowi di Pilpres 2019 disebut beralih ke pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia. Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut hal ini merupakan kabar gembira bagi Prabowo-Gibran.

“Itu kabar gembira bagi pasangan 02 Prabowo-Gibran. Artinya pasangan Prabowo-Gibran itu direspons baik oleh pendukung fanatiknya Pak Jokowi dan kita tahu yang tingkat kesukaan kepada Pak Jokowi itu masih di atas 70 persen kan,” kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, saat dihubungi, Sabtu (9/12/2023).

Yandri menilai hal ini membuktikan komitmen Prabowo dalam melanjutkan dan menyempurnakan program Jokowi direspon positif oleh masyarakat.

“Oleh karena itu, seiring sejalan oleh apa yang disampaikan Pak Prabowo, berkelanjutan di samping penyempurnaan, itu direspon oleh publik. Bahwa Pak Jokowi dan Pak Prabowo itu benar-benar positif direspon oleh masyarakat. Jadi isu yang kami bawa itu direspon baik oleh publik dengan hasil survei,” kata Yandri.

Tidak hanya itu, ia menilai survei ini membuktikan masyarakat merasa nyaman bila komitmen keberlangsungan pembangunan dipimpin oleh Prabowo.

“Sangat berpengaruh (Jokowi effect). Publik mungkin melihat keberlanjutan atau komitmen keberlangsungan pembangunan itu akan lebih nyaman, akan lebih stabil kalau dipimpin oleh Pak Prabowo,” kata Yandri.

“Karena tingkat kepuasan Jokowi itu tinggi maka para pendukung Pak Jokowi itu merasa aman dan terwakili kalau Pak Prabowo yang menang dan bisa melanjutkan Pak Jokowi dan melakukan penyempurnaan di sana-sini,” sambungnya.

Basis Jokowi di 2019 Dukung Prabowo-Gibran

Diketahui Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil suara berdasarkan basis pendukung Jokowi di Pilpres 2019. Hasilnya, pendukung Jokowi di Pilpres 2019 beralih ke pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

Survei dilakukan pada 23 November hingga 1 Desember 2023 terhadap 5.380 responden. Survei dilakukan melalui survei tatap muka.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random sampling. Margin of error ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan hasil survei basis pendukung Jokowi-Ma’ruf di pemilu 2019 beralih ke Prabowo sebesar 40,1 persen. Sementara basis Jokowi di 2019 yang beralih ke Ganjar Pranowo sebesar 38,4 persen.

Berikut data survei Indikator Politik Indonesia terkait suara 3 paslon capres-cawapres berdasarkan basis Jokowi di Pilpres 2019:

Basis Pendukung Jokowi-Ma’ruf

Prabowo-Gibran: 40,1 persen

Ganjar-Mahfud: 38,4 persen

Anies-Cak Imin: 16,1 persen

Tidak Tau/Tidak Jawab: 5,4 persen

Basis Jokowi-Ma’ruf dari PDIP

Ganjar-Mahfud: 71,6 persen

Prabowo-Gibran: 20,6 persen

Anies-Cak Imin: 4,2 persen

Tidak Tau/Tidak Jawab: 3,6 persen

Basis Jokowi-Ma’ruf dari Non PDIP

Prabowo-Gibran: 53,6 persen

Anies-Cak Imin: 19,8 persen

Ganjar-Mahfud:19,1 persen

Tidak Tau/Tidak Jawab:7,5 persen

(Ary)

Tinggalkan Balasan