Bupati Kabupaten Tapsel Hadiri Pra Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2025

Bupati Kabupaten Tapsel Hadiri Pra Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2025

Tapanuli Selatan, LINews – Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu S.Pt, M.M menghadiri kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2025 di Sapadia Hotel Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Rabu (31/01).

Dolly mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Kab Tapsel) telah selesai melaksanakan Musrenbang Desa/Kelurahan, dan saat ini masih melakukan Musrenbang RKDP tingkat Kecamatan. Sedangkan untuk Musrenbang RKDP Kab Tapsel tahun 2025 rencananya pada 1 Maret 2024.

Pada perencanaan pembangunan Kab Tapsel tahun 2025 diprioritaskan dalam mendukung dan mensinkronkan pembangunan Kab Tapsel dengan kegiatan strategis Provsu.

Untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kab Tapsel diprioritaskan pada peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, dan pemberantasan stunting.

Sementara untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif diprioritaskan pada peningkatan produksi, produktifitas dan daya saing produk pertanian, peningkatan kesempatan kerja, kesejahteraan ekonomi, UMKM, serta infrastruktur.

Sedangkan optimalisasi kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan diprioritaskan ppada peningkatan infrastruktur yang mendukung pada peningkatan daya saing perekonomian dan nilai tambah produk daerah,” terang Dolly.

Sesuai kewenangannya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) diharapkan dapat mengalokasikan berbagai program pembangunan sesuai di Kab Tapsel.

“Kiranya Pemprovsu berkenan untuk memberikan perhatian lebih melalui pembangunan dan peningkatan jalan-jalan Provinsi seperti Sipenggeng-Marancar sampai Bulu Mario Sipirok, simpang Tandosan-batas Taput, simpang Tandosan-simpang Biru sampai batas Paluta, dan pembangunan irigasi, dek penahan tebing, alkes rumah sakit, revitalisasi kawasan pariwisata, serta optimalisasi balai latihan kerja Kab Tapsel,” pinta Dolly.

Dolly juga mengurai beberapa capaian penting memasuki tahun Ke-3 kepemimpinannya di Kab Tapsek antara lain, peningkatan ekonomi Kab Tapsel tahun 2021-2023 dari 4,78 persen menjadi 0,39 persen. Sementara untuk tingkat kemiskinan tahun 2021-2023 dari 8,80 persen menjadi 7,01 persen. Sedangkan untuk penurunan angka Stunting sangat begitu signifikan.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Sumut Hassanudin mengatakan ada 4 poin utamanya dalam penyusunan RKPD tahun 2025 yaitu, pembangunan manusia yang baik mulai dari aspek pendidikan dan kesehatan, pertumbuhan ekonomi inklusif dan pemerataan pembangunan, pembangunan infrastruktur dasar yang berkualitas, peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

“Saya mengapresiasi bahwa pertumbuhan ekonomi di Kab Tapsel cukup meningkat dibandingkan tahun sebelumnya dan jumlah pengangguran juga turun,” ucap Pj Gubsu.

Sedangkan Kepala Bapelitbang Provsu Hasmi Rizal Lubis mengatakan, tujuan dilaksanakannya Pra Musrenbang adalah untuk mensinkronkan program-program kegiatan Pemerintah Kabupaten/Kota tentang perencanaan tematik seperti penurunan jumlah kemiskinan, stunting, peningkatan investasi, pengendalian inflasi, pelaksanaan forum CSR yang diikuti lebih dari 400 peserta Pempovsu dan Pemerintah Daerah (Pemda) baik swasta maupun organisasi kemasyarakatan.

“Tujuan Pra Musrenbang ini untuk mensinkronkan program Pemkab/Pemko tentang perencanaan tematik secara keseluruhan,” ungkap Hasmi Rizal.

Dalam kegiatan Pra Musrenbang RKPD Provsu tahun 2025 ini turut di hadiri oleh Pj Bupati Paluta, Pj Bupati Tapteng, Pj Wali Kota Padangsidimpuan, Plt Bupati Palas, Wakil Bupati Madina, para Anggota Forkopimda zona Pantai Barat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda serta Pejabat lainnya.

(Hotmatua)

Tinggalkan Balasan