Jokowi dan PM Selandia Baru Bicara Peluang Dagang Sektor Halal

Jokowi dan PM Selandia Baru Bicara Peluang Dagang Sektor Halal

Melbourne, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Christopher Luxon di Hotel Park Hyatt, Melbourne, Australia, Selasa (5/3/2024).

Dalam kesempatan itu Jokowi mengundang langsung Luxon untuk ke Indonesia menghadiri World Water Forum ke-10 di Bali. Untuk membahas isu terkait air dan sanitasi di tengah dampak perubahan iklim global yang meningkat.

“Kehadiran yang penting untuk mendorong aksi nyata di tengah dampak perubahan iklim dunia yang makin kita rasakan,” kata Jokowi dalam keterangan resmi.

Seperti yang diketahui World Water Forum 2024 akan diselenggarakan di Bali pada 18 – 24 Mei 2024. Forum itu fokus membahas permasalahan dan potensi sumber daya air bagi dunia.

Selain itu, pembahasan yang dilakukan antardua kepala negara juga mengenai isu strategis dan kerja sama.

Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada PM Luxon atas pengangkatannya. Ia berharap di bawah kepemimpinan Luxon kerja sama Indonesia dan Selandia Baru untuk terus ditingkatkan.

Sebab, nilai perdagangan antara kedua negara yang meningkat 18% tahun lalu. Jokowi menekankan perlunya menciptakan peluang baru untuk meningkatkan interaksi antar pelaku usaha dan perdagangan, termasuk di sektor halal.

Jokowi juga menyambut baik rencana kunjungan PM Luxon bersama misi dagang ke Jakarta tahun ini.

Selain itu di bidang energi, Jokowi mengapresiasi kerja sama energi panas bumi antar dua negara. Hal itu termasuk komitmen pendanaan NZD 15,6 juta dalam program Indonesia – Aotearoa New Zealand Geothermal Energy Programme (PINZ).

“Saya harap investasi dapat terus ditingkatkan utamanya untuk dukung percepatan pengembangan energi geothermal dan upaya transisi energi di Indonesia,” lanjutnya.

Pertemuan tersebut juga menyinggung tentang kerja sama kedua negara di kawasan Pasifik. Jokowi menghargai dukungan Selandia Baru terhadap implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pasifik dan berharap dukungan Selandia Baru dalam Pacific Islands Forum.

“Saya juga ingin mendorong kerja sama trilateral dengan Selandia Baru bersama salah satu negara Pasifik lainnya di bidang kemitraan pembangunan sesuai visi Pacific Elevation Indonesia,” tuturnya.

(Donald)

Tinggalkan Balasan