Wabub Pangandaran Hadiri Pembentukan Forum Desa sekitar Tempat Wisata Alam

Wabub Pangandaran Hadiri Pembentukan Forum Desa sekitar Tempat Wisata Alam

Pangandaran, LINews – Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan hadir dalam Pembentukan forum desa sekitar Tempat Wisata Alam (TWA) Pembukaan di Pimpin langsung oleh wakil Bupati pangandaran, Kamis (7/03/2024) di Salahsatu Hotel di Pangandaran.

Hadir dalam acara tersebut TNI/Polri, ketua PHRI, kepala desa pangandaran, kepala desa pananjung, kepala desa babakan, kasi PMD, Camat pangandaran, ketua HNSI, ketua pemandu cagar alam dan pemerhati lingkungan.

Dalam sambutan wakil bupati memberikan apresiasi atas pembentukan forum desa sekitar

Tempat Wisata Alam (TWA) menurutnya tujuan wisata cagar alam ini untuk menjaga konservasi, itu wajib hukumnya, pengunjung nya sunah jadi dalam artian sunah jangan mengalahkan yang wajib, jadi jangan sampai dirusak harus diprogramkan walaun nanti akan bekerjasama antara KSDA dengan pemerintah desa dan kelompok sadar wisata.

Menurut Wabub Fungsi awal dari pembentukan kelompok ini harus difungsikan sehingga nantinya bisa merasakan fungsi itu sendiri.

Di tempat yang sama Panitia pelaksana Dede Nurhidayat balai KSDA provinsi jawa barat menyampaikan bahwa sebenar nya keberadaan cagar alam dipangandaran dan taman pananjung pangandaran merupakan tempat konservasi yang bisa dukung terkait dengan pembangunan dipangandaran.

Selajut nya tidak terlepas dari itu dalam hal pengelolaan taman wisata alam kita tidak bisa bergerak sendiri kita memerlukan beberapa pihak diharap kan bisa bersinergi bekerjasama dalam pengembangan wisata alam yang berbasis Ekowisata.

Dalam rangka itu menurutnya untuk menuju arah sinergi bekerjasama semua pihak makanya kita inisiatif adanya pembentukan forum desa sekitar wisata alam pananjung pangandaran.

Jadi diharapkan forum ini jika nanti sepakat dibentuk ini menjadi forum komonikasi secara formal maupun informal dalam hal pengelolaan wisata pananjung pangandaran.

“Sehingga nanti dalam pengelolaan tersebut ketika kita sudah banyak dukungan Mudah-mudahan tingkat kemajuan pengelolan konservasi yang berkaitan dengan ekowisata bisa berkembang juga disamping itu ketika ekowisata meningkat bisa menunjang kesejahteraan masyarakat” jelasnya.

Gagasan awal ini dari pengelolaan tidak bisa bergerak sendiri , kita membutuhkan pihak yang lain untuk berpartisipasi, untuk kegiatan wisata karena kegiatan wisata bukan hanya kegiatan ekonomi saja tapi disana ada kegiatan kebudayaan, ilmu pengetahuan makanya kita hadirkan dari unpad sebagai nara sumber dimintai gagasan nya secara ke ilmuan elektual yang bisa disampaikan gagasan dikegiatan ini.

Harapan nya dengan adanya forum desa bisa berfungsi secara baik dikala terjadi permasalahan atau ada yang perlu didiskusikan ketika forum desa sudah terbentuk atau terkomunikasi dengan baik tuturnya.

(BD)

Tinggalkan Balasan