Harta CEO Apple Tembus 32 Trilliun

Harta CEO Apple Tembus 32 Trilliun

Jakarta, LINews – CEO Apple, Tim Cook, menyambangi Indonesia. Hari ini, dia bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Pria berusia 63 tahun ini adalah suksesor mendiang Steve Jobs dan telah memimpin Apple sebagai CEO sejak Agustus 2011 atau 13 tahun silam. Sudah tentu ia kaya raya.

Estimasi terkini dari Forbes menunjukkan bahwa harta terkini Tim Cook adalah USD 2 miliar, atau di kisaran Rp 32,4 triliun. Sebagai perusahaan paling bernilai di dunia, wajar jika Apple mengganjar Tim Cook dengan guyuran uang yang melimpah.

Hartanya itu membuat Tim Cook saat ini adalah manusia terkaya nomor 1.647 di dunia. Salah satu sumber utama kekayaannya adalah kepemilikan 3,3 juta lembar saham Apple, yang setara dengan lebih dari USD 651 juta jika melihat nilai saham Apple sekarang.

Setiap tahun, Tim Cook mendapat penghasilan yang besar dari Apple, di luar saham itu. Pada tahun 2023 menurut data SEC (Securities and Exchange Commission), dia mendapatkan kompensasi total USD 49 juta dari produsen iPhone itu.

Jumlah itu menurun 40% dari yang didapatnya di tahun 2022, lantaran Tim Cook sendiri yang meminta penghasilannya untuk dipangkas Apple karena ia menganggapnya terlampau besar. Akumulasi penghasilannya di Apple tentu membuatnya semakin kaya.

Tim Cook banyak menghamburkan uang untuk membeli properti. Rumah utamanya berada di Palo Alto, California. Dia juga punya mansion di La Quinta, California, senilai USD 10 juta. Rumah ini dilengkapi dua dapur, lima kamar tidur, enam kamar mandi dan kolam renang, di samping fasilitas mewah lainnya.

Ia juga dikenal suka beramal. Ia beberapa kali menyumbangkan jutaan dolar pada lembaga kemanusiaan, yang kadang disembunyikan identitasnya.

(Bayu)

Tinggalkan Balasan