Menkes Jawab Soal Biaya Starlink Bagi 10 Ribu Puskesmas

Menkes Jawab Soal Biaya Starlink Bagi 10 Ribu Puskesmas

Denpasar, LINews – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjawab terkait biaya layanan internet Starlink milik Elon Musk bagi 10 ribu puskesmas di Indonesia.

“Kami membuat pembiayaan tersedia di skala nasional dan mengalokasikannya kepada 10 ribu puskesmas. Memang ada batas tapi saya harap batasnya cukup untuk menutupi biaya Starlink,” ujar Budi saat ditanya awak media dalam konferensi pers di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar, Minggu (19/5/2024).

Sebelumnya, salah satu petugas di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, menyampaikan keluhannya terkait susahnya mendapatkan jaringan di internet di daerahnya untuk menginput data. Dia berterima kasih kepada Elon Musk yang telah memberikan layanan internet di puskesmasnya.

“Kami sering untuk mencari internet itu pergi ke kota dengan jarak kurang lebih 200 mil yang ditempuh dalam waktu 2-3 jam dengan menggunakan speedboat,” keluhnya.

Ia berharap program ini tidak terhenti di tengah jalan dan meminta pembebasan biaya untuk Starlink. Hal itu mengundang tawa dari Elon Musk dan para menteri yang hadir. Elon tampak mengangguk ketika mendengar jawaban itu.

“Dan kami harap Starlink ini cukup beban digratiskan untuk seluruh puskesmas,” ungkap petugas itu.

(Wayan)

Tinggalkan Balasan