Said Amin Tak Penuhi Panggilan KPK soal Kasus Rita Widyasari

Said Amin Tak Penuhi Panggilan KPK soal Kasus Rita Widyasari

Jakarta, LINews – KPK menjadwalkan pemanggilan kepada pengusaha bernama Said Amin terkait kasus korupsi yang menjerat mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, kemarin. Namun Said Amin tidak memenuhi panggilan KPK tersebut.

“Betul informasi yang kami terima dari tim penyidik, saksi tidak hadir dalam penjadwalan pemeriksaan di hari kemarin,” ujar anggota tim Jubir KPK Budi Prasetyo di gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024).

Terkait apakah akan memanggil ulang Said Amin, dirinya mengatakan itu kewenangan penyidik. Dia mengatakan akan menyampaikan perkembangannya selanjutnya.

“Kebutuhan pemeriksaan selanjutnya itu tentu merupakan kewenangan teman-teman penyidik, nanti akan kami update kembali mengenai jika nanti ada penjadwalan di kemudian hari,” tuturnya.

Sebelumnya KPK memanggil Said Amin. Dia dipanggil terkait kasus korupsi yang menjerat mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari.

“Pemeriksaan dilakukan di gedung KPK Merah Putih atas nama H Mohd Said Amin. Wiraswasta (Komisaris PT Core Energy Resource),” kata Tim Jubir KPK Budi Prasetyo kepada wartawan, Senin (10/6).

“Hari ini (10/6), dijadwalkan pemeriksaan saksi TPK gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan Kewajibannya yaitu penerimaan uang per metrik ton produksi batu bara dari perusahaan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara,” tambahnya.

Rumah Said Amin Digeledah

KPK juga telah melakukan penggeledahan terkait perkara gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka Rita Widyasari di Samarinda, Kalimantan Timur. Rumah yang digeledah adalah milik seorang pengusaha bernama Said Amin.

“Iya (ada penggeledahan). Kemarin,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan, Jumat (7/6).

Alexander menyebutkan ada belasan mobil yang disita. Namun KPK belum menjelaskan merek mobil yang disita.

“Ada belasan mobil yang disita. Iya (terkait Rita Widyasari),” sebutnya.

(Robi)

Tinggalkan Balasan