Dewan DPR-RI Ir. Anang Susanto, M.Si Beri Bantuan Aspirasi Untuk Desa Mekarjaya

Kab.Bandung, LiNews – Peningkatan Pembangunan jaringan irigasi Cimalabar yang berada di RW 06 dan RW 21, serta daerah irigasi kp. Pasir wangi RT 1 RW 19 kelompok Tani Mekar Kencana dan Daerah irigasi RT 1 RW 4 Batu kampaan Kelompok Tani Alam Endah Desa Mekarjaya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, kini tengah dikerjakan melalui Program Percepatan Peningkatan tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI)

Dilokasi kegiatan nampak sejumlah petani (pengguna air) yang tergabung didalam Perkumpulan Petani Pemakai Air P3A, diantranya, P3A Mekar Tani, P3A Mekar Kencana dan P3 Alam Endah, bahu membahu membangun saluran irigasi tersebut di wilayahnya masing – masing.

Seperti yang di katakan ketua P3A Mekar Kencana Jajang yang di wakili oleh Ade Kesra (PD Golkar) yang sekaligus sebagai kepala tukang dalam pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan P3-TGAI yang tengah dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi supaya lebih maksimal. Karena, tanpa air yang mencukupi para petani tidak akan mendapatkan hasil pertanian yang bagus.

Hal senada pun di katakan Alit Efendi ketua P3A Alam Endah bahwasanya dengan adanya pembangunan saluran irigasi tersebut diharapkan dapat memaksimalkan saluran ai, sehingga para pengguna air dapat mengairi sawahnya dengan baik.

Maka dengan demikian atas nama P3A se-Desa Mekarjaya mengucapkan terima kasih kepada Ir. H. Anang Susanto. M.Si anggota DPR RI fraksi Golkar Dapil Jabar 2 yang telah merealisasikan programnya.

Sehingga dengan adanya bantuan pembangunan saluran irigasi, para petani nantinya tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan air dalam bercocok tanam.

Sementara itu, Encas Kepala Desa Mekarjaya menjelaskan bahwa P3-TGAI merupakan jawaban dari aspirasi masyarakat petani yang selama ini masuk pada Pemerintah Desa.

“P3-TGAI ini merupakan kegiatan padat karya irigasi yang pekerjaannya meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi agar memperhatikan kebutuhan khususnya para petani,”jelasnya.

Dilaksanakan P3-TGAI ini, juga untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor strategis ekonomi domestik melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan.

“Peningkatan jaringan irigasi ini, selain bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi, tentunya sebagai solusi peningkatan ekonomi masyarakat setelah mengalami berbagai gelombang Pandemi Covid-19 yang kini sudah mulai mereda,”lanjut Encas.

Di akhir pembicaraannya encas Suherman sangat berterimakasih kepada Ir. H Anang Susanto M.Si  anggota DPR RI fraksi Golkar Dapil Jabar 2 yang telah memberikan bantuan program P3-TGAI   ke Desa Mekarjaya. (A.rus)