Sambut Kirab Bendera Pusaka di Bundaran HI, Warga Antusias

Sambut Kirab Bendera Pusaka di Bundaran HI, Warga Antusias

Jakarta, LINews – Kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi dari Monas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dilaksanakan hari ini. Warga antusias menyambut kirab yang merupakan Rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia itu.

Dari Monas, iring-iringan akan bergerak menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk kemudian diterbangkan ke IKN. Iring-iringan akan melintasi kawasan Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto dan Cawang.

Antusias meriah warga menyambut kirab sangat terlihat di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Sabtu (10/9/2024) pagi.

Pantauan detikcom di lokasi, iring-iringan kirab melintas di Bundaran HI sekira pukul 08.50 WIB. Terlihat bendera dan teks proklamasi dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) Maung dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band.

Sejumlah warga antusias melihat kirab bendera di Bundaran HI

Momen Kirab Bendera Pusaka Bergerak Menuju Bandara Halim Perdanakusuma

Ketibaan iring-iringan di kawasan Bundaran HI disambut sorak dan tepuk tangan meriah warga yang telah menunggu sejak pagi. Suasana penuh semangat kebangsaan sangat terlihat pada pagi hari ini.

Pada iring-iringan itu juga terlihat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Heru sempat melaju pelan untuk menyapa dan bersalaman dengan warga dari dalam mobilnya.

Lintasan kirab di Bundaran HI tak berlangsung lama. Iring-iringan melanjutkan perjalanannya menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Sedangkan suasana di kawasan Bundaran HI masih ramai dengan lagu lagi nasional dan kemerdekaan.

Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi

Diketahui, iring-iringan kirab akan diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU. Prosesi ini merupakan pertama kali dalam sejarah. Karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi diboyong keluar DKI Jakarta.

Prosesi kirab ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, sebagaimana disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, kirab ini juga merupakan simbol kebersamaan dan sinergi antara DKI Jakarta dan Ibu Kota Nusantara.

“Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama yakni 10 Agustus 2024. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, dalam keterangannya.

(Donny)

Tinggalkan Balasan