Polres Malang Gelar Operasi Zebra Semeru 2024

Polres Malang Gelar Operasi Zebra Semeru 2024

Malang, LINews – Polres Malang menggelar apel gelar pasukan menandai dimulainya pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2024 di halaman Mapolres Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Malang.

Wakapolres Malang Kompol Imam Mustolih mewakili Kapolres AKBP Putu Kholis Aryana menekankan, Operasi Zebra Semeru 2024 memiliki dua fokus utama.

Pertama, operasi ini bertujuan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas beserta fatalitasnya. Lalu, kedua, operasi ini sebagai bagian dari menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pemilu 2024.

“Operasi ini mendukung suksesnya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang aman dan nyaman,” ujar Imam dalam sambutannya, Senin (14/10/2024).

Pada Operasi Zebra Semeru 2024 ini, Polres Malang akan memberikan penekanan khusus terhadap pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Pelanggaran tersebut meliputi pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, serta pengemudi kendaraan roda empat yang tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Tidak hanya itu, polisi juga akan menindak tegas pengemudi di bawah umur, pengendara yang berada di bawah pengaruh alkohol atau narkoba, pengguna telepon genggam saat berkendara, hingga pengemudi yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi. Pengendara yang menerobos lampu merah juga akan menjadi target penindakan.

Mustolih menambahkan, anggota Polri yang bertugas di bidang lalu lintas harus mampu merumuskan langkah-langkah yang relevan untuk menanggulangi permasalahan lalu lintas. Namun, penegakan hukum tidak boleh menimbulkan ketakutan di masyarakat.

Sebaliknya, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya tata tertib lalu lintas.

“Bukan soal membuat masyarakat takut kepada petugas, melainkan mengedukasi agar mereka memahami dan mematuhi aturan. Harapannya, tercipta kesadaran berlalu lintas yang baik, seperti yang terlihat di negara-negara maju,” jelas Imam Mustolih.

Terpisah, Kasi Humas Polres Malang AKP Ponse Dadang Martianto menyampaikan, Operasi Zebra Semeru 2024 merupakan langkah konkret dalam menjaga keamanan dan keselamatan seluruh pengguna jalan di Kabupaten Malang.

Operasi akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari 14 hingga 27 Oktober 2024, serentak di seluruh Indonesia.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk patuh terhadap aturan lalu lintas, demi menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Dengan pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2024, Polres Malang berharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar semakin patuh dalam berlalu lintas, demi keselamatan bersama di jalan raya.

“Kami berharap melalui operasi ini, angka kecelakaan dapat ditekan, sekaligus mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2024,” pungkas Dadang.

(Bam)

Tinggalkan Balasan