Pekerja PT WiKa asal Ciamis Tewas di Danau Toba

Pekerja PT WiKa asal Ciamis Tewas di Danau Toba

Samosir, LINews – Petugas SAR gabungan akhirnya menemukan Aljab Maulana, pekerja PT Wijaya Karya (WIKA) yang hilang tenggelam di Danau Toba. Pria asal Ciamis, Jawa Barat ini ditemukan pada kedalaman 5 meter di sekitar perairan Aek Tano Ponggol, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Senin (6/6/2022).

Humas Kantor SAR Medan Sariman Sitorus mengatakan, operasi pencarian tehadap korban dilakukan sejak Minggu (5/6/2022).

“Korban ditemukan setelah tim SAR gabungan menyelam dengan menyisir menggunakan alur tali. Kami juga menggunakan alat pendeteksi bawah air yaitu Aqua Eyes, untuk menemukan korban,” ujar Sariman, Senin (6/6/2022).

Menurutnya, saat ini jenazah korban sudah dievakuasi dan diserahkan kepada manajemen PT WIKA. Korban selanjutnya dibawa ke RSUD Pangururan.

“Dengan penemuan jasad korban, pencarian kami hentikan dan ditutup. Seluruh potensi SAR yang terlibat dalam proses pencarian juga telah dikembalikan ke satuan kerja masing-masing. Kami ucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat,” ucapnya.

Sebelumnya, korban Aljab bersama tiga rekannya sesama pekerja PT WIKA berenang untuk mengusir penat usai bekerja membangun Jembatan Tano Ponggol yang menghubungkan Pulau Samosir dan Pulau Sumatera.

Saat berenang, keempatnya sempat tenggelam. Namun tiga di antaranya berhasil diselamatkan warga. Sementara Aljab, hilang ke bawah air setelah warga yang mencoba menolongnya kelelahan dan melepaskan tubuh korban.

Warga yang telah berusaha menolong korban langsung melaporkan kejadian tersebut warga sekitar dan pemerintahan setempat hingga diteruskan ke Pos SAR Parapat Danau Toba. Proses pencarian pun dilakukan hingga korban akhirnya ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia. (SA)