Proyek Jaling Mekarjati Banyak Kejanggalan

Proyek Jaling Mekarjati Banyak Kejanggalan

Karawang, LINews – Sejumlah warga menduga ada yang tidak beres dalam proyek pembangunan jalan lingkungan (jaling) di Kampung Iplik RT 03/12, Kelurahan Mekarjati, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

Kecurigaan warga itu mencuat ketika pihak kontraktor tidak mencantumkan volume dalam papan informasi proyek tersebut.

“Ya menurut saya seharusnya tertuang dong, apalagi ini kan pembangunan pakai uang negara, kalau seperti ini papan informasinya seakan-akan ada yang ditutup-tutupi, padahal masyarakat juga harus mengetahui ukuran panjang, lebar dan tingginya berapa,” ujar DS warga setempat, Jumat (17/6/2022).

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Mekarjati, Karsum mengatakan bahwa kurang memahami terkait tidak tercantumnya ukuran volume panjang, lebar dan tinggi dalam papan informasi proyek tersebut.

“Ya saya sebagai ketua LPM dari Kelurahan Mekarjati hanya memonitoring saja setiap pembangunan yang ada di wilayah Kelurahan Mekarjati. Untuk perihal tidak tercantumnya volume pekerjaannya itu bukan ranah saya, karena itu kan program dari Dinas PRKP bukan dari kelurahan ataupun swakelola. Jadi dikembalikan ke tim pelaksana sebagai pemenang tender tersebut, kalau memang ada kejanggalan, dan disitu juga tertera juga CV nya apa,” ujar dia dihubungi via seluler.

Sementara itu, Eka Mulyana Kasie Adminitrasi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Karawang menyampaikan bahwa aturan pembuatan papan informasi memang seperti itu hanya mencantumkan nama CV, lokasi dan nilai kontrak.

“Itu mah nanyanya bukan ke saya, harusnya kebagian pembuatan dokumen kontrak, emang seperti itu aturan plang nama hanya mencantumkan nama CV, lokasi sama nilai kontrak, kalau mau terperinci itu adanya di SPK yang menyatakan panjang, lebar, tinggi termasuk item-item lainnya, jadi tidak semua dicantumkan di plang nama,” ungkapnya.

Diketahui, pembangunan jalan lingkungan (jaling) di Kelurahan Mekarjati, Kecamatan Karawang Barat ini dikerja oleh CV. BALAREA PUTRA dengan nilai Kontrak Rp. 81.599.000,00. (Zay)