Luhut: Indonesia Jadi Top Performer Ekspor di Dunia

Luhut: Indonesia Jadi Top Performer Ekspor di Dunia

Denpasar, LINews – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Indonesia menjadi salah satu top performer ekspor di dunia selama masa pandemi.

Hal itu terlihat dari neraca dagang Indonesia yang mengalami surplus selama 28 bulan berturut-turut hingga Agustus 2022. Bahkan di September 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan neraca dagang Indonesia kembali surplus.

“Surplus neraca perdagangan yang selama 28 bulan berturut-turut hingga Agustus 2022 membuat Indonesia menjadi salah satu top permormer ekspor,” kata Luhut, dalam sambutannya di acara Pembukaan SEO internasional Conference dan Pluncuran Indonesia Water Fund (IWF), di Bali, Senin (17/10/2022).

BACA JUGA : G20 SOE Conference: Profesor Harvard Apresiasi BRI Tingkatkan Inklusi

Dalam sambutannya, Luhut mengatakan bahwa kondisi perekonomian Indonesia saat ini masih terkendali. Hal itu terlihat dari adanya pertumbuhan di tingkat konsumsi masyarakat dan kinerja investasi yang masih stabil.

Selain itu, inflasi Indonesia saat ini masih dalam angka yang rendah di angka 5,9 persen dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang sudah mencapai 10 persen.

“Meskipun inflasi Indonesia masih moderat dibandingkan negara lain yang bahkan sudah naik 10 persen. Kita masih bisa menahan setelah kenaikan harga BBM, masih 5,9 persen. Kami cukup yakin bahwa kami dapat mempertahankan informasi ini sekitar 6 owrsen pada akhir tahun ini,” kata Luhut.

(Kade)